Portal Kabupaten Sijunjung

PENGRAJIN TENUN DIBERIKAN PENDAMPINGAN

0

Setelah mengikuti pelatihan dasar menenun selama 18 hari,  para pengrajin tenun di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung selanjutnya diberikan pendampingan selama dua bulan.

Pendampingan tersebut bertujuan untuk menambah kapasitas para pengrajin.” Para peserta sebelumnya sudah kita latih selama 18 hari, kemudian dilanjutkan dengan  pendampingan selama dua bulan,” kata Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori melalui Kepala Bidang Industri, Hendri Nurka di Muaro Sijunjung, Selasa (11/10).

Pendampingan terhadap 25 pengrajin tenun asal Perkampungan Adat Nagari Sijunjung ini, sambung Hendri Nurka, diberikan  Balai Diklat Industri (BDI) Padang dengan instruktur dan tempat yang sama.

Tujuan pendampingan tersebut, lanjut dia, selain menambah kapasitas para pengrajin, juga dimaksud agar para pengrajin bisa mandiri.” Dengan adanya pendampingan ini diharapkan para pengrajin tenun bisa mandiri dan bisa menjadi pelaku usaha tenun yang besar,” ucap Kepala Bidang Industri Dinas Koperindag setempat.

Sementara itu Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin berharap, hasil kerajinan tenun warga Perkampungan Adat Nagari Sijunjung bisa menjadi daya tarik wisatawan dan sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Dan pemerintah kabupaten sendiri, sambung Yuswir Arifin, terus berupaya menjadikan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung sebagai destinasi wisata unggulan di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

Salah satunya, sebut orang nomor satu di Kabupaten Sijunjung, membuka akses jalan menuju Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, yakni dari objek wisata religi Calau Muaro ke Perkampungan Adat.

“Pembangunan infrastruktur di tempat wisata menjadi perhatian serius Pemkab Sijunjung.Apalagi, perkampungan adat Nagari Sijunjung masuk nominasi tiga besar tentative list warisan dunia (Unesco),” katanya disela menutup pelatihan dasar menenun bagi warga perkampungan adat Nagari Sijunjung. .-zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.