Portal Kabupaten Sijunjung

PENGEMBANGAN POTENSI NAGARI

0

Nagari Kandang Baru kecamatan Sijunjung melirik  Bukik Capang Tigo sebagai tempat wisata. lantaran tempat tersebut berpotensi sebagai tempat paralayang. Bahkan beberapa peserta paralayang telah menguji coba lading di puncak Parianti salah satu puncak capang tigo tersebut.

Potensi alam yang dimiliki Nagari Kandang  Baru sangat menjanjikan untuk memajukan pembangunan. Pengembangkan potensi alam tersebut, Nagari Kandang Baru menyiapkan berbagai strategi untuk membangunanya. Dan berupaya mengembangkan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) agar potensi tersebut terkelola dengan baik.

Ketika di temui Rakyat Sumbar di ruang kerjanya, Walinagari Kandang Baru Marhalim, Jumat (4/8) mengatakan, Pengembangan potensi yang ada di Nagari direncanakan akan dikembangkan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) . hal itu sesuai dengan imbau pemerintah pusat, bahwa ADD supaya diarahkan  untuk pengembangan potensi yang ada di nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dengan artikata, mencari sumber pemasukan bagai pemerintah nagari agar pembangunan dapat ditingkatkan.

“Sesuai dengan arahan pemerintah, pembangunan yang akan dilaksanakan itu untuk pengembangan potensi Nagari, supaya terwujudukan kemajuan pembangunan agar tercapai kemakmuran masyarakat,”tuturnya.

Nagari Kandang Baru terdiri dari 3 Jorong yakni Jorong Samiak , jorong Sungai Abu dan jorong Ranah Tanjung Bungo yang dikelilingi oleh Nagari Pematang Panjag,Palangki, Koto Tuo, Mundam Kecamatan IV Nagari.

Serta mempunyai visi dan misi dengan kebersamaan kita wujudkan nagari sejatera dan beragama, beradap dan berbudaya serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat , peningkatan ekonomi kerakyatan, peningkatan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana nagari, kwlitas kesehatan masyarakat serta prasarana lingkungan yang sehat,  kwalitas sumber daya manusia, mengupayakan peran serta masyarakat generasi muda dan perantau untuk kemajuan nagari dan menguatkan pungsi Tali nan tigo sapilin, tungku tigo sajaran  sebagai bagian peranan penting dalam membangunan nagari.

Marhalim menyebutkan bahwa potensi alam Nagari Kandang Baru cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Disamping pengembangan ekonomi kerakyatan pemerintah Nagari berusaha mengambangan potensi wisata yang ada. Yakni tempat paralayang yang ada di bukit capang tigo.

Selain itu, tuturnya, pemerintah Nagari juga tengah mengembangkan potensi lain. Dia berencana membangun tabek gadang (Kolam renang) . yang terletak dikaki bukit capang tigo tersebut. pemerintah telah menyiapkan lahan seluas seperempat hektar. Namun, untuk pembangunan tabek tersebut tuturnya, butuh anggaran yang cukup besar.  “itu baru sebatas mimpi,”tuturnya.

Sementara Dedi, Kepada Urusan (Kaur) Pemerintah Nagari menyambungkan sebagai langkah untuk pengenalan potensi puncak Capang tigo tersebut, pada 16 Agustus 2017 ini pemerintah bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga akan menggelar  Hiking dan konten tim Paralayang se Sumatera Barat.Yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.