Portal Kabupaten Sijunjung

PENGEMBANGAN IKM PERLU JARINGAN KERJASAMA (NET WORKING)

0

Untuk menyukseskan pembinaan dan pengembangan  yang terarah dan terpadu IKM perlu adanya jaringan kerjasama (Net Working) yang saling mendukung dan harmonis antar Instansi/Institusi, Dunia Usaha, Lembaga Pembina dan Lembaga Swadaya, Perbankan seperti kegiatan saat ini di Hotel Bukik Gadang, Senin (16/10).

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD, Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM, Kabid Perindustrian serta Peserta pelaku Usaha Se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam laporan panitia Kabid Perindustrian Hendri Nurka mengatakan tujuan utama kegiatan ini adalah pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang mempunyai daya saing tinggi, sehingga mampu menjadi andalan dalam memperkuat basis ekonomi kerakyatan dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penunjang pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini diharapkan adanya tindak lanjut yang lebih konkret antara peserta dan narasumber  atau pihak terkait, dalam mengatasi masalah yang dihadapi IKM terutama berkitan dengan aspek permodalan, perizinan serta motivasi dalam mengembangkan usaha, kegiatan diadakan selama satu hari dengan peserta 70 orang dan narasumber 3 orang.

Ketua DPRD Sijunjung Yusnidarti dalam arahannya menegaskan untuk semua pelaku Usaha Kecil dan Menengah (IKM) agar mengikuti pembinaan Kemitraan ini sebaik mungkin sehingga pelaku Usaha dapat berkembang dan membawah nama baik Sijunjung dengan Kreatifitas pelaku seperti Tenun Unggan contohnya.

Bupati Sijunjung diwakili Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM Em Yasri membuka secara resmi kegiatan ini mengucapkan  terima kasih kepada Ketua DPRD yang telah berkesempatan hadir pada acara ini, kegiatan merupakan  slah satu bentuk sinergi yang penting antara pemerintah dan pelaku usaha yang ada di kabupaten Sijunjung  dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat,pelaku usaha ini masih berskala IKM yang masih mengalami berbagai kendala, antara lain lemahnya daya saing dikarenakan mutu belum memadai, lemah terhadap modal dan pemasaran serta rendahnya kemampuan manajemen dan teknologi.

Untuk itu, Pemerintah telah berupaya mengatasi permasalahan sektor industri tersebut melalui program-program untuk meningkatkan daya saing industri,  hal ini bertujuan agar kegiatan ekonomi kerakyatan dapat terus tumbuh secara produktif dan mampu meningkatkan kemandirian masyarakat, tambah ia. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.