Portal Kabupaten Sijunjung

PENCANANGAN NAGARI MANDIRI PANGAN UNTUK TIGA NAGARI

0

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin membuka secara resmi Launching Nagari Mandiri Pangan dan Gerakan Penanaman serentak bibit buah-buahan, sekaligus penebaran benih ikan di lubuk larangan Nagari Silantai sebanyak 10.000 bibit ikan nila, Sabtu (26/8) di Pasar Nagari Silantai, Kecamatan Sumpur Kudus.

Turut hadir Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Propinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sijunjung, Ketua Penggerak Tim PKK Sijunjung, Camat Sumpur Kudus, Wali Nagari Silantai, Unggan dan Tanjung Bonai Aur Selatan serta Tokoh Masyarakat setempat.

Laporan ketua pelaksana oleh Kepala Dinas pangan dan perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir. Yulizal, MP menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan untuk mensosialisasikan program NMP bagi seluruh pemangku kepentingan baik masyarakat maupun pemerintah dan swasta, sehingga memiliki persepsi yang sama pada akhirnya akan lebih memudahkan dalam kegiatan koordinasi untuk membangun sinergitas program dimasa yang akan datang.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pangan dan Perikanan yang telah memberi kesempatan kepada Kabupaten Sijunjung untuk melalukan Penanaman bibit buah-buahan dan penebaran benih ikan di lubuk larangan. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat ikut serta untuk menanam dan memanfaatkan lahan-lahan kosong, terlantar dengan tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga harian, bulanan maupun jangka panjang dengan cara diversifikasi usaha pertanaman, peternakan dan perikanan.

Bahwa dengan adanya program ini bisa menambah dan meningkatkan Perekonomian Masyarakat. “Kita berharap dengan adanya Program Nagari Mandiri Pangan bisa menambah Ikon di Nagari Silantai, Unggan dan Tanjung Bonai Aur Selatan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Sumbar, Ir. Efendi MP, menyampaikan bpada Tahun 2017-2021 Kabupaten Sijunjung mendapat 3 Nagari Mandiri Pangan yaitu Nagari Unggan, Nagari Silantai dan Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan. Kegiatan nagari mandiri pangan telah dimasukkan kedalam RPJMD Provinsi dan Kab/Kota.

“Tahun ini ada 30 Nagari yang terpilih untuk Program Nagari Mandiri Pangan di Sumatera Barat, 3 diantaranya berada di Kabupaten Sijunjung,” ungkapnya.(Dicko/Nopen-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.