Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB SIJUNJUNG TERUS MENGUPAYAKAN SANITASI DAN PENGOLAHAN AIR BERSIH

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung gelar koordinasi terkait sanitasi air bersih dan kesehatan masyarakat dengan tim dari Akopsi Nasional, PKBI Sumbar, AMPL Sijunjung serta kehadiran Sharoon dari (Global Wash SNV) Belanda di Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Kamis (4/5).

Kegiatan ini bertujuan melihat sejauh mana progres kegiatan sanitasi Kan sijunjung, update data akses jamban kabupaten dan apa saja target capaian yg akan dilakukan oleh pokja AMPL kab sjunjung.

Direktur Akopsi Nasional Josrizal Zain menjelaskan mengonsumsi air tercemar dan buang air besar di tempat terbuka menjadi hal yang lazim di pedesaan negara-negara berkembang.
” Padahal hal ini bisa mengancam kelangsungan hidup dan memicu penyakit berbahaya untuk kesehatan”, ujarnya.

“Semua orang harus memiliki fasilitas sanitasi yang memadai dan kualitas air yang baik. Sudah terlalu banyak orang yang terkena penyakit akibat tertular oleh kuman dan penyakit yang berkembang biak di air kotor”, tambahnya.

“Kalau orang kurang gizi itu berdampak pada kemiskinan, karena orang kurang gizi daya tangkapnya kurang dan pendidikan rendah”, tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung turut memberikan penjelasan, pada tahun ini Dinkes sudah mengangkat tenaga promotor untuk satu pustu satu orang. “Tenaga tersebut akan mengedukasi masyarakat dari sisi kesehatan dan merubah pola masyarakat dari kebiasaan ke sungai” kata Kepala Dinkes.

“Kita sudah mempunyai fasilitator Kabupaten yang mana mereka bertujuan untuk membantu kawan-kawan di puskesmas, memfasilitasi ke kami di Kabupaten” tambahnya.

Ketua MPS Fajar juga menambahkan, fasilitator bertugas mengajak dan mempengaruhi masyarakat Sijunjung untuk menjalani pola hidup sehat dan menghimbau masyarakat untuk merubah kebiasaan dari sungai ke kloset.

Sharoon dari (Global Wash SNV) Belanda sangat mengapresiasi kerja sama Pemkab sijunjung dalam mengangkat kasus sanitasi dan pengolahan air bersih.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy juga mengatakan akan mendukung penuh kegiatan ini dengan melakukan penekanan agar di lakukan percepatan pelaksanaan kegiatan tersebut terutama pada OPD terkait.

Ia juga berharap dukungan dari Pokja yang telah di bentuk dan ia juga berharap dukungan dari berbagai unsur yang salah satunya bantuan dan masukan dari Akopsi Nasional.noven/feby@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.