Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB SIJUNJUNG SIAPKAN PROGRAM KETERAMPILAN BAGI NARAPIDA

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal memberi pelatihan keterampilan usaha bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas II B Muaro Sijunjung.

Pelatihan keterampilan tersebut merupakan program kerjasama antara Pemkab Sijunjung dengan lapas kelas II B Muaro Sijunjung.“Saya sudah memanggil beberapa kepala OPD.Ada beberapa program pelatihan keterampilan  yang bisa dikerjasamakan dengan Lapas Muaro Sijunjung,” kata Wakil Bupati Arrival Boy ketika berkunjung ke Lapas kelas II B Muaro Sijunjung, Jumat (31/3).

Dihadapan Kalapas kelas II B Mjuaro Sijunjung, Marten dan sejumlah pejabat Lapas, Wabup Arrival Boy  yang didampingi Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Masharyanto dan Kabag Humas dan Protokol, Henri Chaniago mengatakan, para narapida perlu diberi pelatihan keterampilan usaha sebagai bekal setelah bebas nanti.

Apalagi, sebut pria yang akrab disapa Boy, sebagian warga binaan Lapas Muaro Sijunjung merupakan penduduk Kabupaten Sijunjung.” Dengan ada keterampilan, mereka bisa kembali percaya diri hidup ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk meningkatkan keterampilan warga binaan, Pemkab Sijunjung akan memberikan pelatihan keterampilan usaha budidaya perikanan, pertanian, kerajinan dan pelatihan ketenagakerjaan lainnya.

Budidaya perikanan misalnya, Lapas kelas II B Muaro Sijunjung memiliki lahan perikanan yang cukup untuk budidaya perikanan.Begitu juga dengan keterampilan bertani, lahan yang ada bisa sebagai tempat pelatihan bagi narapida.

Selain pelatihan budidaya perikanan dan bertani, sambung Wabup Arrival Boy, Pemkab Sijunjung juga akan memberikan pembinaan mental dan keagamaan, termasuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi narapida di Lapas kelas II B tersebut.

“Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan kita semua, maka pemerintah daerah juga berkewajiban untuk memberikan jaminan kesehatan kepada warga binaan,” kata Wabup Arrival Boy.

Kepala Lapas kelas II B Muaro Sijunjung, Marten menyambut baik rencana kerjasama Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan Lapas kelas II B Muaro Sijunjung dalam pembinaan  narapida.

“Terima kasih, semoga senergitas antara Pemkab Sijunjung dengan Lapas kelas II Muaro Sijunjung dalam pembinaan narapida terus terjalin,” ucapnya Marten yang baru dua bulan menjadi Kalapas Muaro Sijunjung.

Dalam kunjungan ke Lapas Muaro Sijunjung, Wabup Arrival Boy melihat hasil kerajinan dari narapida.Selain melihat hasil keterampilan warga binaan, Wabup Arrival Boy, juga melihat kondisi Lapas serta berdialaog dengan warga binaan. zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.