Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB SIJUNJUNG SEGERA AJUKAN RAPBD 2017

0

Hasmizon mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung mulai melakukan penyusunan  Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2017  mengunakan SOPD baru. Penyusunan RKA harus sudah rampung sebelum RAPBD tahun 2017 diajukan ke DPRD.

“ Target kita, akhir Oktober ini RKA SOPD baru diharapkan bisa selesai,” ucap Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sijunjung.

Sebelumnya, DPRD setempat menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Sijunjung jadi Perda.

Persetujuan itu disampaikan dalam nota penyampaian pendapat akhir Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Golkar, Demokrat, Bulan Bintang, Amanat Nasional dan pendapat akhir Fraksi Nurani Nasional, Jumat (7/10), di gedung dewan.

Rapat paripurna yang dipimpin ketua DPRD Mukhlis Rasyid, S. Sos, dihadiri Bupati H. Yuswir Arifin, Wakil Bupati H. Arrival Boy,  unsur Forkopinda, Sekdakab Drs. A.T. Rohendi, MM, kepala SKPD, kepala bagian, camat dan anggota DPRD serta undangan lainnya.

Perangkat Daerah Pemkab Sijunjung baru berjumlah 32 yang terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan dan Inspektorat Daerah, tiga badan, 18 dinas dan delapan kecamatan.

Sekretariat Daerah Kabupaten Sijunjung tipe A dan Sekretariat DPRD tipe B serta Inspektorat Daerah juga tipe B.Kemudian tiga badan, yakni  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah tipe A, Badan Pengelola Keuangan Daerah tipe A dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan tipe C.

Dinas, meliputi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tipe A, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tipe B, Dinas Kesehatan tipe B, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak tipe A. Dinas Pencatatan Sipil tipe B, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari tipe B.

Kemudian Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran tipe A, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil Menengah tipe A. Dinas Komunikasi dan Informatika tipe B. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup tipe A,  Dinas Pekerjaan Umum  dan Penataan Ruang tipe B.

Berikutnya Dinas Perhubungan tipe C, Dinas Pangan dan Perikanan tipe A, Dinas Pertanian tipe A, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tipe B, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tipe B, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tipe B serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tipe B. Sedangkan delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung, seluruhnya disetujui sebagai tipe A.

Selain menyetujui Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung jadi Perda, ketujuh Fraksi DPRD juga menyampaikan berbagai masukan, saran dan harapan untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Sijunjung yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Bupati Yuswir Arifin dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaan terhadap pandangan, pendapat, saran dan koreksi yang telah disampaikan Fraksi DPRD, karena hal itu merupakan bagian penting dari proses penetapan Ranperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung.

Penetapan Ranperda Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung jadi Perda, ditandai dengan penandatanganan nota persetujuan DPRD dengan Pemkab Sijunjung oleh ketua DPRD Mukhlis Rasyid dan Bupati Yuswir Arifin.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.