Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB SIJUNJUNG LAKUKAN KERJASAMA DENGAN BDI MAKASSAR

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar dalam mengembangkan pelatihan Desain Kemasan Produk Pangan. Kerjasama ini ditandatangani Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin yang didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny.En Yuswir Arifin, Kepala Dinas Dagperinkop UKM, Em Yasri, Kabid Industri, Hendri Nurka dengan Kepala BDI Elisa, di Makassar, Senin (24/9).

Bupati Yuswir Arifin sekaligus membuka diklat 3 in1 Desain Kemasan Produk Pangan yang diikuti oleh 50 orang IKM dari Kecamatan Sijunjung, Kamang Baru dan Kecamatan Sumpur Kudus, dimulai 24 -30 September 2018.

“Terima kasih kepada ibu Elisa beserta jajaran yang telah berkenan mengundang dan menerima kami sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam mendukung program nawa cita perkembangan Industri Kecil Menengah yang kita kemas dalam bentuk kerjasama BDI Makasar dengan Kabupaten Sijunjung”, ucapnya.

” Semoga terus berlanjut dengan program kegiatan selanjutnya serta mendapat rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” sambungnya.

Seiring dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018 yang disinergikan dengan RKPD Kabupaten Sijunjung Tahun 2018, maka fokus pencapaian Program Prioritas terkait urusan Kongkuren bidang Perindustrian adalah memacu pembangunan ekonomi untuk meningkatkan kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah.

“Hal inilah yang melatarbelakangi kami dari Kabupaten Sijunjung untuk melakukan kerjasama dengan BDI Makassar, karena kami ketahui BDI Makassar akan mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi Industri Kecil dan Menengah khususnya dalam Bidang Kemasan Produk dan pengolahan Industri Coklat yang juga punya potensi di daerah kami Sijunjung,” ungkap Bupati.

” Desain kemasan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi konsumen, karena desain berperan sebagai bentuk komunikasi merek, sehingga nantinya akan lebih tergali keinginan dan ketertarikan konsumen atau pembeli terhadap produk yang dihasilkan”, tuturnya.

Semakin bagus packing atau kemasan produknya maka produk IKM yang dihasilkan akan punya daya saing pasar yang tinggi, karena pembeli akan melihat kemasannya dulu sebelum membeli, katanya.

“Maka saya yakin dengan pelatihan ini nantinya IKM akan terpacu dalam meningkatkan kreatifitas dalam mendesain produknya demi meningkatkan daya saing di pasaran,” tegasnya.

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta diklat agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin sebagai bekal kemampuan untuk berkarya, berkreasi dan berbuat untuk keluarga dan untuk daerahnya masing-masing,” harap Bupati. (Andri Kampay)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.