Portal Kabupaten Sijunjung

Pemkab Sijunjung  Gelar Silokek Fun Adventure

0

Muaro, MC Sijunjung – Rangkaian dari berbagai kegiatan yang digelar panitia pelaksana untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-71 tahun 2020, Minggu  (8/3), dilaksanakan Silokek Fun Adventure (menjelajahi objek wisata Silokek dengan sepeda gunung).

Silokek Fun Adventure yang  dilepas Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, star di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas, terus ke Pulau Berambai, Simpang Ipuh, Simpang SMAN 1, Simpang Pangeran, Simpang Adinegoro, Ranah Sigading, SD IT, Worshop dan finis di objek wisata Silokek.

Karena tujuannya untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung, Silokek Fun Adventure diikuti sekitar 500 penggemar bersepeda gunung dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau dan dari Provinsi Jambi.

Bupati Yuswir Arifin mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung tengah mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Disamping untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi pariwisata sekaligus untuk mendukung program pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu potensi pariwisata yang tengah dikembangkan, adalah objek wisata Nagari Silokek nan indah mempesona serta memiliki potensi ekonomi.  Objek wisata itu telah ditetapkan sebagai kawasan  Geopark Nasional  oleh Komite Nasional Geopark Indonesia.

Penetapan Silokek sebagai kawasan Geopark Nasional, tentunya membuka peluang untuk pengembangan wisata alam di Kabupaten Sijunjung, karena di Silokek ada objek wisata air terjun, pasir putih, sungai dan sejumlah ngalau (goa), baik yang vertikal mau pun horizontal dengan keindahan stalagmit dan stalaktit di sekelilingnya.

Potensi pariwisata lain  yang juga tengah dikembangkan, adalah wisata budaya yang sekarang telah mendunia. Yaitu perkampungan adat di Jorong Koto Padang Ranah dan Jorong Tanah Bato dalam Nagari Sijunjung.

Perkampungan adat merupakan kawasan eksotik yang memiliki 76 unit rumah gadang yang berfungsi sebagai tempat hunian dan tempat prosesi adat budaya masyarakat Nagari Sijunjung.

“Dengan digelarnya Silokek Fun Adventure yang pesertanya tidak hanya dari Sumatera Barat, tapi juga dari Sumatera Selatan, Riau dan dari Jambi, kita berharap berbagai objek wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung makin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan,” harap Bupati Yuswir Arifin.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sanjung Buana Kabupaten Sijunjung, Doni Nofriadi selaku ketua pelaksana mengatakan, Silokek Fun Adventure yang tujuan penyelenggaraannya mengenalkan berbagai objek wisata yang ada di Kabupaen Sijunjung kepada masyarakat luas serta memupuk tali persaudaraan sesama komunitas gowoser (penggemar sepeda gunung), diikuti sekitar 500 peserta dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau dan dari Provinsi Jambi.

Untuk peserta yang sangat ramai itu, panitia pelaksana menyediakan door prize yang cukup banyak. Antara lain satu unit sepeda motor, empat unit sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, kompor gas, magic com, kipas angin, strika, dispenser  serta hadiah hiburan dalam bentuk anduk kecil, baju kaos dan tas sandang yang bisa dipakai ketika menaiki sepeda.

Setelah kupon yang dibagikan panitia pelaksana kepada peserta dihimpun dan dicabut oleh Bupati Yuswir Arifin, satu unit sepeda motor yang merupakan hadiah utama, diperoleh Rio Wandi dari Lubuk Jambi.

Acara melepas peserta Silokek Fun Adventure dan penyerahan hadiah, dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, ketua DPRD H. Bambang Surya Irwan, Forkopimda, pejabat teras Pemkab dan kepala OPD. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.