Portal Kabupaten Sijunjung

Pemkab Sijunjung Di Kunjungi Peserta International Learning Event Dari 3 Negara

0

Sijunjung, MC SIjunjung- Guna mendukung  pelaksanaan kegiatan International V4CP Wash Learning Event dari SNV di Kabupaten Sijunjung. Pemerintah Kabupaten Sijunjung mendapat kunjungan dari Peserta International Learning Event Dari 3 Negara yaitu Negara Ghana, Kenya dan Belanda, Selasa (24/7/2019).

Tujuan kedatangan mereka untuk mengunjungi Lapangan Wirausaha sanitasi (wusan) di Nagari Guguk dan Kunjungan Jamban Komunal di Nagari Silokek, serta memberikan pengetahuan dengan diskusi berupa audiensi SNV

Mereka datang sekitar pukul 19.40 wib, bersama pemandunya dan disambut dengan prosesi ‘makan bajambah’ clisebuah rumah gadang (rumah adat) di daerah perkampungan adat setempat. selesai prosesi adat makan bajambah wisman dari tiga negara ini langsung menginap dibeberapa rumah gadang di perkampungan adat.

Dipilihnya kunjungan lapangan wusan di Nagari Guguk ini dikarenakan Nagari Guguk sebelumnya tahun 2018 telah mendapatkan pelatihan dari PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Sumatera Barat dengan SNV memfasilitasi trainer dari Pringsewu Lampung bagaimana cara membuat closet mulai dari membuat closet dari fiber cetakan closet , mencetak closetnya,pengecetan sampai finishing akhir, hingga closet siap pakai. serta pembuatan septik tank sehat.

Sedangkan dipilihnya Nagari Silokek  sebagai kunjungan Jamban Komunal (Jamban Umum) karena Nagari Silokek merupakan salah satu ODF (Open Defecation Free) dimana prilaku masyarakatnya tidak lagi BABS (buang air besar sembarangan).

Para rombongan esok harinya, Rabu (24/07/2019) akan sambut di Rumah Dinas Bupati dengan kegiatan ramah tamah serta sarapan pagi. Selanjutnya dari rumah dinas akan dilakukan diskusi dengan kelompok kerja AMPL (Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan) Kabupaten Sijunjung di Ruang rapat Dinas Perkim LH.MC Sijunjung

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.