Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB DAN KEJARI SIJUNJUNG TANDA TANGANI MOU

0

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Kepala Kejaksaaan Negeri Sijunjung, M.Rizal Sumadi Putra menandatangani kerjasama (MOU) dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta fasilitasi tim pengawal dan pengamanan pemerintah dan pembangunan Daerah (TP4D) tahun 2018 di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (2/10).

Bupati dalam arahannya mengatakan, ” Semoga dengan adanya MOU antara Kejaksaan Negeri dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dalam hal penanganan Perkara Perdata dan Tata Usaha Negara dan Fasilitasi Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) ini dapat kita manfaatkan untuk kepentingan Pelaksanaan Tugas OPD dan Nagari-Nagari dalam Pembangunan”. ” Semoga juga dapat mengurangi permasalahan hukum yang timbul
serta dapat mengurangi kerugian negara yang ditimbulkan, sehingga ada jaminan hukum bagi penyelenggara pemerintahan dalam menjalankan tugas”, harapnya.

” Manfaatkanlah MOU yang telah kita sepakati ini dengan tindak lanjut dalam bentuk kerjasama oleh Kepala Perangkat Daerah maupun Wali Nagari dalam bentuk Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Sijunjung yang akan di fasilitasi oleh Sekretariat Daerah melalui Bagian Hukum dan HAM, sehingga ini dapat mengurangi resiko administrasi maupun resiko penyalahgunaan wewenang pelaksanaan Pembangunan”, pesan Bupati.

” Ketika kita telah bersama-sama bertekat melaksanakan dan mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, semoga akan tercapai Sijunjung yang madani sesuai apa yang kita cita-citakan”, tutupnya.

Sementara itu Kepala Pengadilan Negeri Sijunjung, M.Rizal Sumadi Putra menjelaskan penandatanganan kerjasama (MOU) ini merupakan wujud dari pelaksanaan dari kewenangan di bidang-bidang yang ada pada Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

” Bidang perdata dan Tata Usaha Negara kejaksaan Negeri Sijunjung melaksanakan tugas dan wewenang untuk Bidang penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya”, tambahnya.

Adapun TP4D mempunyai tugas dan fungsi untuk mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan/ preventif dan persuasif baik ditingkat pusat maupun daerah sesuai wilayah hukum penugasan masing-masing.

Serta memberikan penerangan hukum dilingkungan Instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan pihak lain terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, perijinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan Negara dan Dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir.

Ia berharap dengan dengan diselenggarakannya MOU ini dapat mendorong percepatan pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusunya pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Kepala Bagian Hukum dan Ham, Wandri Fahrizal menyebutkan tujuan MOU ini untuk meningkatkan efektivitas penanganan dan/ atau penyelesaian masalah hukum yang dialami Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam bidang perdata dan tata usaha negara baik didalam dan/atau diluar pengadilan.

Turut hadir Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Seksi beserta jajaran di lingkup kejaksaan Negeri Sijunjung, Camat se Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari Se Kabupaten Sijunjung.Noven_Kominfo@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.