Portal Kabupaten Sijunjung

PEMKAB ADAKAN OPERASI BIBIR SUMBING

0

Pemkab Sijunjung adakan operasi bibir sumbing dan operasi langit-langit secara gratis terhadap 18 anak dari berbagai nagari, pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), di Tanah Badantuang, Senin (15/8).

Operasi yang merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemkab untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71, terselenggara berkat kerjasama aparatur Dinas Kesehatan, RSUD, pengurus Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Sijunjung serta dokter Rumah Sakit M. Djamil Padang dan Smile Train Indonesia (organisasi amal terbesar khusus menangani celah bibir dan langit-langit).

Operasi yang berjalan lancar sesuai rencana, ditinjau Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo bersama Wakil Bupati Arrival Boy, Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Suprayogi, kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Ramler, Kabag Humas dan Protokoler, Ruswan, ketua tim penggerak PKK Ny. En Yuswir Arifin, ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ny.  Ria Arrival Boy serta ketua Persit dan Bhayangkari.

Selain itu juga ikut meninjau pelaksanaan operasi, ketua dan sekretaris PKBI Kabupaten Sijunjung, Karsuli dan Didi Cahyadi Ningrat bersama sejumlah pengurus organisasi tersebut.

Disamping rangkaian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Sijunjung  untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke-71, operasi bibir sumbing dan operasi langit-langit secara gratis yang diadakan, juga dalam rangka bakti sosial dan pengabdian terhadap masyarakat.

“Kita bertekad membebaskan Kabupaten Sijunjung dari bibir sumbing. Karena bibir sumbing menyebabkan anak minder dan rendah diri yang akhirnya menjadi penghalang pembangunan bangsa dan masyarakat.

Supaya tekad terwujud sesuai harapan, setelah tahun 2012, operasi bibir sumbing dan operasi langit-langit secara gratis kembali dilaksanakan pada 2016 ini. Kalau masih belum tuntas, kegiatan serupa akan diselenggarakan pada tahun mendatang. Karena itu, bagi anak yang menderita bibir sumbing dan belum dioperasi, orangtuanya diimbau untuk melapor ke puskesmas terdekat,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Menurut ketua dan sekretaris PKBI, Karsuli dan Didi Cahyadi Ningrat, bila anak dioperasi bibir sumbing dan operasi langit-langit atas kemauan orangtua sendiri, biayanya berkisar antara Rp17 juta sampai Rp25 juta.

Karena biayanya cukup besar, para orangtua dari anak yang dioperasi secara gratis, selain mengucapkan terima kasih kepada aparatur Dinas Kesehatan, RSUD, pengurus PKBI Kabupaten Sijunjung serta dokter Rumah Sakit M. Djamil Padang dan Smile Train Indonesia, juga bersyukur terhadap Allah SWT atas karunia yang mereka terima.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih terhadap aparatur Dinas Kesehatan, RSUD, pengurus PKBI Kabupaten Sijunjung serta dokter Rumah Sakit M. Djamil Padang dan Smile Train Indonesia, karena uluran tangan yang diberikan sangat berarti bagi kami. Andai kata anak ini kami yang mengoperasinya, entah dari mana dananya kami ambilkan, karena biayanya cukup mahal untuk ukuran kami,” kata Ina dan Reni, setelah anaknya dioperasi. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.