Portal Kabupaten Sijunjung

PEMBUKAAN DIKLAT PENGEMBANGAN TENUN DI PERKAMPUNGAN ADAT NAGARI SIJUNJUNG

0

Dinas Dagperinkop UKM melaksanakan pembukaan Diklat Pengembangan Desain Tenun di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung pada hari Selasa (9/5) yang dihadiri oleh Bupati, Yuswir Arifin, Kapolres, Dekranasda, serta Kepala OPD.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat dalam mempersiapkan pelaku IKM untuk bersaing dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

MEA adalah suatu kerjasama regional Asia Tenggara di bidang ekonomi yang ditransformasi menjadi kesatuan kekuatan baik sebagai pasar tunggal maupun pusat produksi. Tujuannya adalah menjadikan ASEAN menjadi kawasan dengan ekonomi yang berdaya saing disertai pertumbuhan yang lebih setara di seluruh negara anggotanya dan terintegrasi lebih baik dengan pasar global.

Pendidikan dan Pelatihan desain tenun yang mendatangkan narasumber dari Provinsi, Indra Yeni, diikuti oleh peserta dari warga perkampungan berjumlah 25 orang berbasis suku. Masing masing peserta diberikan 1 alat tenun dan benang yang diberikan oleh Dinas Dagperinkop UKM.

Produk industri tenun merupakan produk unggulan Provinsi Sumbar. Go Dengan adanya Diklat ini diharapkan akan muncul ciri khas desain tersendiri sehingga akan terlihat berbeda untuk setiap daerah.(mega-kominfo) @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.