Portal Kabupaten Sijunjung

PEMBANGUNAN SENTRA TEH HERBAL BAKAL TERWUJUD

0

Pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) kerabat manggis (Teh Herbal Asama Gelugur) di Nagari Latang Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung optimis bakal terwujud.

“Dari dukungan lintas SKPD, pembangunan SIKM di Nagari Latang optimis dapat terwujud,” kata Ketua Tim Pola Pengembangan Sentra IKM, Zulma Neri dalam acara fokus group discusion (FGD) di ruang rapat kantor bupati setempat, Kamis (14/7).

Dalam rapat yang dihadiri kepala Subdit Pengembangan IKM Wilayah II Kementrian Perindustrian RI, Bayu, Bupati diwakili Asisten II, Yusrizal, Ketua DPRD, Mukhlis Rasyid, Kepala Dinas Koperindag, Febrizal Ansori, Balitbu Solok dan SKPD terkait di lingkungan Pemkab Sijunjung serta anggota Komunitas Lokal Bioversity, Ketua Tim Pola Pengembangan SIKM menambahkan, jika pembangunan SIKM kerabat manggis ini dapat terwujud, minuman teh herbal Garcia Tea akan menjadi icon Kabupaten Sijunjung.

Bahkan, katanya, minuman kesehatan itu juga bisa menjadi ikon Provinsi Sumatera Barat dan Nasional.” Kalau pembangunan SIKM ini terwujud, minuman teh herbal Garcia Tea bisa menjadi ikon Sijunjung, bahkan Sumatera Barat dan nasional,” ucap peneliti asal Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dukungan terhadap pembangunan SIKM kerabat manggis ini juga diberikan Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Mukhlis Rasyid. Kader Partai Golkar ini mengatakan lembaga yang dipimpinnya siap mengalokasikan anggaran untuk industri kecil menengah (IKM) di daerah ini.

Termasuk dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD.“Selain untuk kegiatan infrastruktur, dana pokok-pokok pikiran dewan juga kami berikan untuk kegiatan IKM,” ujar  Mukhlis Rasyid.

Tak hanya anggaran, Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui SKPD terkait juga telah menganggarkan dana untuk pembiayaan budi daya tamanan asam gelugur.Bahkan, kata Yusrizal, Wakil Bupati Arrival Boy telah menyediakan lahan seluas 200 hektar untuk budi daya tanaman asam gelugur.

Begitu juga dengan infrastrukur, seperti, jalan, listrik dan air bersih serta  sarana dan prasana diluar sentra IKM, Pemerintah Kabupaten siap menyedikannya.” Pada pripsipnya kami siap menyediakan sarana dan prasarana pendukung demi terwujudnya pembangunan SIKM kerabat manggis tersebut,” kata Asisten II Setdakab Sijunjung, Yusrizal.

Kepala Subdit Pengembangan IKM Wilayah II Kementrian Perindustrian RI, Bayu menyebutkan, Sijunjung merupakan salah satu kabupaten dari beberapa kabupaten di wilayah II (Kalimatan dan Sumatera) yang mendapatkan program pola pengembangan SIKM.

Sebelum program pengembangan SIKM ini terwujud, sebut Bayu, pihaknya dengan melibatkan konsultan dari IPB beserta SKPD terkait dilingkungan Pemkab Sijunjung dan instansi lintas sektoral mengadakan kajian.

Kajian itu dimaksud untuk melihat keseriusan dan kesiapan Pemerintah Daerah beserta instansi lintas sektor dalam mendukungan pembangunan SIKM teh herbal Garcia Tea di Nagari Latang Kecamatan Lubuk Tarok.“Setelah ini, masih ada dua kali pertemuan lagi, yakin di Jakarta dan di Sijunjung ,” jelasnya.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.