Portal Kabupaten Sijunjung

PEMBAGIAN DANA DESA TUNGGU PERBUP

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung tengah menyiapkan Peraturan Bupati  (Perbup) sebagai dasar hukum pembagian dan penyaluran dana desa yang akan dikucurkan pemerintah pada tahun 2017 nanti.

 “Rancangan peraturan bupati sudah disiapkan.Insya Allah, Kamis pekan ini (8/12) dibahas dengan SKPD terkait,” kata Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Sijunjung, Syahrial melalui Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Harry Oscar Hidayat, Selasa (6/12).

Pembahasan Perbup pembagian dan penyaluran dana desa tahun 2017 mendatang, sambung, akan melibatkan SKPD terkait.Diantaranya, Inspektorat Daerah, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD), Bagian Hukum dan HAM Setdakab, BPMPN serta SKPD terkait lainnya.

“Undang pembahasan Perbup tentang pembagian dan penyaluran dana desa tahun 2017 sudah kita layangkan,” ucapnya.

Seperti diwartakan koran ini Pemerintah Kabupaten Sijunjung mendapat alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 sebesar Rp51,6 miliar lebih.Angka itu meningkat dibanding tahun 2016.

Peningkatan alokasi dana desa yang akan diperoleh Kabupaten Sijunjung pada tahun 2017 terlihat dalam Rancangan Undang-Undang APBN tahun 2017. Dalam RUU APBN tahun 2017, Kabupaten Sijunjung mendapatkan alokasi dana desa sebesar Rp51,6 miliar lebih.

”Berdasarkan RUU APBN 2017, alokasi dana desa untuk Kabupaten Sijunjung sebesar Rp51,6 miliar lebih. Peningkatan lebih kurang 27 persen dari tahun 2016,” jelas Harry Oscar Hidayat.

Meski alokasi itu baru dalam RUU APBN 2017, Harry Oscar Hidayat berharap, alokasi dana desa untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2017 yang akan digulirkan ke nagari-nagari (60 nagari dan satu desa) tidak mengalami perubahan.

“ Semoga saja tidak ada perubahan.Kalaupun ada perubahan, kita berharap dana desa yang diterima Kabupaten bertambah,” ucap mantan Sekertaris Kecamatan Tanjung Gadang.

Menyinggung besaran penyaluran dana desa,  menurut Harry Oscar Hidayat, pihaknya segera akan menyusun Peraturan Bupati (Perbup) tentang pembagian dana desa yang akan digulirkan untuk 60 nagari dan satu desa.

Pembagian dana desa yang akan diterima setiap nagari dan desa di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, tetap mengacu pada indikator yang telah ditentukan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

‘Besaran dana desa yang akan disalurkan berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kemiskinan dan letak geografis,” jelasnya.-zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.