Portal Kabupaten Sijunjung

PEKAN IVA DI SIJUNJUNG DIMULAI

0

Dalam rangka menekan jumlah penderita kanker serviks di Kabupaten Sijunjung, Pemerintah Kabupaten Sijunjung mencanangkan pekan gerakan deteksi dini kanker leher rahim pada kaum perempuan melalui Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis.

Program promotif preventif yang disejalankan dengan pencanangan bukan bhakti dasa wisma, temu kader posyandu, gebyar IVA Test dan gerakan tanam cabe serentak di buka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di lapangan Prof.M.Yamin Muaro Sijunjung, Rabu (8/3).

Kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong dan penampilan gebyar IVA Test  dihadiri Wabup Arrival Boy, Sekdakab, AT.Rohendi, staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, Ketua TP PKK, Ny.En Yuswir Arifin, Ketua GOW, Ny.Ria Arrival Boy, Ketua Dharma Wanita, Ny.Ita Rohendi serta utusan dari OPD, kecamatan dan puskesmas.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, IVA Test adalah salah satu deteksi dini untuk mengetahui kanker leher rahim.Kanker servik itu, sebut bupati, salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

“Kanker servik itu sangat berbahaya dalam kehidupan, sebagai kaum ibu dan bapak harus mengetahui dan menyadari.Jadi jangan anggap deteksi dini kanker servik ini sebagai hal yang tabu,” ucap Bupati Yuswir Arifin.

Dia juga mengajak kaum ibu-ibu, khusus yang telah bersuami atau berkeluarga  untuk melakukan pemeriksaan dini kanker servik, baik melalui pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) maupun rumah sakit.

Dan pada hari ini, katanya, TP PKK Kabupaten bersinergi dengan Dinas Kesehatan setempat menggelar pemeriksaan dini IVA Test secara gratis.”Silahkan periksa, bagi yang melakukan pemeriksaan diberikan doorprize menarik oleh sponsor,” ajaknya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, Drg.Ezwandra, M.Sc mengatakan, kegiatan pemeriksaan dini kanker leher rahim ini juga merupakan gerakan pekan IVA Test.

Pekan IVA Tes tersbut, sambung Ezwandra, akan berlangsung tiga bulan kedepan di setiap Puskesmas di daerah ini.Dinas kesehatan sendiri menarget 7.560  kaum ibu untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks melalui IVA Test.

“ Pekan IVA Test ini akan berlangsung hingga tiga bulan kedepan. Pemeriksaan dilakukan di puskesmas-puskesmas, setiap puskesmas ditarget memeriksa  7 orang setiap hari,” jelasnya.

Kata dia, apabila dari hasil pemeriksaan tersebut terdapat peserta yang positif mengidap kanker serviks, maka pihaknya akan merujuk dan menjalani perawatan lebih lanjut ke RSUD Tanah Badantung.

“Saat ini pemeriksaan masih berlangsung.Dari 48 pasien yang kita periksa, belum ditemukan mengidap kanker serviks,” jelasnya.-zet sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.