Portal Kabupaten Sijunjung

PEJABAT JANGAN CEMAS MENGHADAPI MUTASI

0

Bupati  Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo menghimbau seluruh pejabat Pemkab Sijunjung supaya tidak  cemas menghadapi mutasi  yang akan digulir.

Karena selain sudah merupakan tunangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), mutasi  yang bakal dilaksanakan, akan berjalan sebagaimana biasa dan alamiah. Kuncinya adalah kemampuan dan kecakapan.

“Dalam membentuk dan menyusunan perangkat daerah  yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, memang akan dilaksanakan mutasi. Bahkan kita akan mulai dari nol kilometer.

Namum pejabat tidak  perlu cemas menghadapi mutasi  itu. Karena selain sudah tunangan bagi ASN, mutasi  yang bakal dilaksanakan, akan berjalan sebagaimana biasa dan alamiah. Kuncinya adalah kemampuan dan kecakapan,” kata Yuswir Arifin dalam apel organik di halaman Kantor Bupati, Senin (5/9).

Apel organik yang dilaksanakan setiap Senin minggu pertama, dihadiri Wakil Bupati Arrival Boy, Sekdakab A.T. Rohendi dan Staf Ahli Bupati Syahrial. Peserta apel seluruh pejabat dan pegawai yang berkantor di Muaro Sijunjung.

Disamping kemampuan dan kecakapan serta memiliki disiplin yang tinggi dan memenuhi persyaratan, penempatan pejabat juga ditentukan oleh disiplin ilmu yang dimiliki, supaya yang bersangkutan mampu menguasai tugas dan tanggungjawab yang dipikul.

Karena itu,  pejabat tidak perlu gamang menghadapi mutasi. Apa lagi dihantui ketakutan dan larut dalam kecemasan yang tidak berarti, karena tolok ukur dan ketentuannya sudah ada. Biarkan mutasi bergulir apa adanya bagaikan air mengalir.

Disamping mutasi akan berjalan sebagaimana biasa, alamiah dan rasional, dalam  penempatan pejabat ke depan setidaknya ada empat faktor yang harus dipenuhi oleh calon pejabat, tambah bupati.

Keempat faktor itu, mempunyai loyalitas yang tinggi, memiliki kemampuan pribadi dalam memenej sumber daya bawahan pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dipimpin, memiliki rasa kepedulian terhadap tugas dan tanggungjawab yang diemban serta tidak setengah-setengah dalam bekerja.

Berkaitan dengan itu, dalam mutasi yang akan dilaksanakan guna memenuhi tuntutan dan kebutuhan organisasi, seluruh pegawai yang sudah memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan,  baik itu eselon empat dan tiga maupun eselon dua, diberi kesempatan berkompetisi secara sehat.

Artinya, bila menginginkan satu jabatan, tunjukan kemampuan, kecakapan serta penguasaan tugas dan tanggungjawab. Karena pada  prinsipnya orang baik akan memperoleh posisi yang baik.

“Jangan coba-coba meminta bantuan kepada orang lain untuk mendapatkan satu jabatan. Karena dengan cara itu, jangankan didapat, mala jabatan yang diinginkan akan semakin jauh. Yakinlah. Saya tahu persis bagaimana pejabat yang ada sekarang. Saya tahu kinerja dan loyalitasnya. Karena itu, bila menginginkan satu jabatan, tunjukan kemampuan, kecakapan serta penguasaan tugas dan tanggungjawab. Jangan minta bantuan kepada orang lain,” tegas Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.