Portal Kabupaten Sijunjung

PAUD HILISTIK INTEGRATIF PERLUAS AKSES LAYANAN PAUD KABUPATEN SIJUNJUNG

0

Perluasan akses dan layanan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini ) merupakan salah satu program prioritas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung .

Bersamaan dengan itu, upaya peningkatan kompetensi dan kesejahteraan pendidik PAUD pun dilakukan, Kepala Bidang PAUD PNF, Syamsul Bahri, SP.d, MM mengatakan dalam rangka memperluas layanan Paud di Kabupaten Sijunjung dilakukan dengan berbagai program salah satunya adalah melalui Program PAUD Holistik Integratif (Pendidikan secara menyeluruh).
” Pencapaian ini dilakukan melalui kerjasama dengan pihak yang terkait seperti Dinas Perikanan, Kepolisian, Dinas Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana, Dinas Kesehatan, Dagperinkop UKM dan Organisasi Mitra, dengan tujuan untuk meningkatkan hak anak dalam pendidikan, perlindungan kesehatan dan gizi serta pemberdayaan masyarakat tentang hak anak dalam mencapai pendidikan yang layak”, ungkapnya di ruang kerjanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Sabtu (21/04).
“Dengan Dinas Kesehatan misalnya bentuk kerja sama dalam program menu anak-anak usia dini yang sesuai dengan peningkatan gizi”, tambahnya.

” Upaya lainya adalah dengan meningkatkan anggaran di Bidang PAUD PNF untuk bantuan Biaya Operasional Penyelenggaran PAUD (BOP) dalam bentuk dana DAK, pada Tahun 2016 BOP PAUD untuk sebanyak 313 lembaga, yang telah terakomodir sebanyak Rp.6.91 Miliyar dan pada Tahun 2017 meningkat dengan dana Rp. 7,2 Milyar lebih sebagai perluasan akses layanan PAUD di Kabupaten Sijunjung dan peningkatan insentif pendidik PAUD, serta penambahan sarana dan prasana PAUD”, tegasnya.

“ Selain itu juga Bunda PAUD di tingkat Kecamatan, Nagari dan Jorong”, katanya.

Untuk kedepannya Syamsul Bahri mengharapkan Kabupaten Sijunjung memberikan layanan paripurna terhadap anak, dalam program Indonesia harapan dalam upaya menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

(MC Kab Sijunjung)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.