Portal Kabupaten Sijunjung

PATELKI SIJUNJUNG GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS.

0

Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) dewan perwakilan cabang Sijunjung menggelar sosialisasi kesehatan kepada siswa dan guru di SMAN 1 Sijunjung. Selain dari pelaksanaan pekan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang ke-31, tujuan dari sosialisasi yang diadakan oleh persatuan analis kesehatan yang bertugas di Kabupaten Sijunjung tersebut pada umumnya untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait kesehatan dalam bentuk pencegahan sejak dini serta sebuah upaya mendekteksi gejala penyakit yang ada didalam tubuh. Sosialisasi kesehatan itu digelar pada Jumat (28/4) kemarin, dan diikuti oleh sekitar 250 orang peserta yang terdiri dari siswa kelas XI dan guru, bertempat di aula SMAN 1 Sijunjung. Berbagai bentuk pemeriksaan yang dilakukan pada kegiatan tersebut, mulai dari pengecekan golongan darah, pengukuran tensi hingga pemeriksaan kadar gula darah secara gratis.

Ketua Patelki DPC Sijunjung, Meslinawati, Amd, Ak mengatakan, agenda tahunan ini terus digelar kepada masyarakat dengan tujuan meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan. “Kita gelar sosialisasi kesehatan ini secara gratis, mulai dari mencek golongan darah, pengukuran tensi dan pengecekan kadar zat gula dalam darah. Untuk siswa kita prioritaskan untuk mengetahui golongan darah mereka, karena masih banyak yang belum tahu apa golongan darahnya, padahal dalam pembuatan KTP dan keperluan lainnya hal tersebut harus diketahui. Jika kita menemukan kondisi peserta yang mengalami gangguan kesehatan, maka akan diberikan penyuluhan kesehatan,” tuturnya saat kegiatan digelar.

Kepala sekolah SMAN 1, Jontridel Efendi melalui Waka Kesiswaan, Miek Rayendra mengatakan. “Kita sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, karena mampu memberikan menambah pengetahuan kepada siswa tentang kesehatan, serta mereka juga dapat mengetahui golongan darah mereka dalam acara ini. Kemudian untuk guru-juga diberikan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan agar gejala penyakit dapat dideteksi lebih awal. Kita melibatkan siswa kelas XI sekitar 200 orang dan guru sekitar 40 orang dalam kegiatan ini. Kami berharap untuk selanjutnya ada kegiatan donor darah di sekolah ini,” ujarnya.

Petelki cabang Sijunjung setiap tahunnya mengadakan kegiatan sosialisasi, bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi asosiasi petugas analis kesehatan tersebut juga bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Karena, jika pemeriksaan golongan darah dan pengecekan zat gula darah dilakukan di labor kesehatan ataupun di rumah sakit akan memakan biaya.

Menanggapi hal tersebut, Dede (17) salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi kesehatan yang digelar. “Saya belum pernah melakukan pemeriksaan golongan darah sebelumnya, dengan adanya kegiatan ini saya mengetahui ternyata golongan darah saya A, dan ini juga digelar secara gratis, sehingga tidal repot lagi untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit,” katanya.(endo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.