Portal Kabupaten Sijunjung

Partisipasi Pemilih Melebihi Target Nasional

0

Sijunjung. MC. Sijunjung – Partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, di Kabupaten Sijunjung, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden sampai pemilihan DPD RI, DPR RI, DPRD propinsi dan DPRD kabupaten, melebihi target yang ditetapkan secara nasional. Target nasional 77 persen, partisipasi pemilih 81 persen lebih.

Partisipasi pemilih yang melebihi target  nasional itu, diungkapkan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung dalam pertemuan dengan wartawan berbagai media, Rabu (4/9), di ruang rapat KPU tersebut.

Pertemuan yang dipimpin ketua KPU; Lindo Karsyah, dihadiri sekretaris KPU; Irzal Zamzami,  Divisi Hukum dan Pengawasan; Fahrul Rozi Burda, Divisi Teknis Penyelenggaraan; Gunawan, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi; Deki Zulkarnain serta Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM; Nafwan

Sebagaimana dipaparkan ketua KPU Lindo Karsyah, setelah berlangsungnya pesta demokrasi beberapa waktu lalu, walau pun ada di beberapa tempat sempat terjadi sedikit kemelut, namun semua yang muncul itu dapat diantisipasi dan diselesaikan dengan baik. Sehingga pelaksanaan Pemilu di Sijunjung, boleh dikatakan aman, lancar dan terkendali, berkat kebersamaan dan koordinasi yang baik dengan semua lini.

Dilihat dari partisiapsi pemilih dari tahun 2014, walau pun naiknya tidak signifikan, namun jumlah partisipasi pemilih cukup bagus. Saat Pemilu 2014, partisipasi pemilih mencapai 76 persen, Pemilu 2019 naik sekitar enam persen.

Melihat hasil yang diperoleh ini, ketua KPU bersama jajarannya mengucapkan terimkasih kepada rekan wartawan yang telah menciptakan opini sehingga pelaksanaan Pemilu dari awal sampai akhir berjalan dengan baik.

“Melalui peran medialah informasi dan kerja KPU bisa berjalan dengan baik, walau pun diperjalan mungkin pelayanan kami ada yang kurang memuaskan,” kata Lindo Karsyah.

Selain tentang partisipasi pemilih yang melebihi target  nasional, Lindo Karsyah serta sekretaris dan divisi KPU Kabupaten Sijunjung juga menjelaskan tentang persiapan pelaksnaan Pilkada 2020.

Pilkada 2020 yang pemungutan suara  direncanakan 23 September 2020, sosialisasinya sudah dimulai Oktober tahun ini. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan dan diusulkan KPU Kabupaten Sijunjung kepada pemerintah, sebesar Rp25,6 miliar.

Sebagaimana telah dilakukan pada Pemilu sebelumnya, untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020, Lindo Karsyah bersama jajaran berharap  rekan wartawan tetap menjalin kerjasama yang baik dengan KPU. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.