Portal Kabupaten Sijunjung

PAD SIJUNJUNG RP 71,74 MILIAR

0

padBupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo menyampaikan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2017, dalam rapat paripurna DPRD, di gedung dewan, Selasa (15/11).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Mukhlis Rasyid, dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, unsur Forkopinda, Sekdakab A.T. Rohendi, wakil ketua DPRD, pejabat teras Pemkab, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),  camat se-Kabupaten Sijunjung dan segenap anggota dewan.

Bupati mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sijunjung tahun 2017 direncanakan Rp71,74 miliar. Nilai ini turun Rp931 juta dibanding PAD pada perubahan RAPBD tahun 2016 yang Rp72,67 miliar.

PAD Rp71,74 miliar itu, terdiri terdiri pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan penerimaan lain-lain PAD yang sah.

Pajak daerah direncanakan Rp10,03 miliar, retribusi Rp6,41 miliar, penerimaan hasil pengelolaan kekayaan  daerah yang dipisahkan  Rp13,65 milar dan penerimaan lain-lain PAD yang sah Rp41,64 miliar.

Pada tahun 2017 mendatang, penerimaan dana perimbangan direncanakan  Rp738,58 miliar. Terdiri dari bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, Dana Alokasi Umum (DAU) serta Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, direncanakan  Rp16,06 miliar, DAU Rp558,38 miliar, DAK  Rp164,13 miliar.

Sedangkan  lain-lain pendapatan daerah yang  sah, direncanakan Rp134, 23 miliar. Dibandingkan dengan perubahan APBD tahun 2016 yang Rp83,55 miliar, rencana pendapatan daerah yang sah mengalami kenaikan Rp50,68 miliar (60,66 persen).

Berdasarkan nota kesepakatan pemerintah daerah dengan DPRD tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Kabupaten Sijunjung tahun 2017, ditetapkan 16 urusan wajib dan sembilan urusan pilihan yang dirinci menurut program dan kegiatan.

Sedangkan untuk mewujudkan pencapaian target kinerja pada KUA serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), telah ditetapkan sembilan program prioritas pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2017.

Kesembilan program prioritas itu, ekonomi yang berdaya saing tinggi, pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung infrastruktur, transportasi, industri, perdagangan dan perhotelan serta inforkom dan sektor terkait lainnya.

Kemudian membangun ketahanan pangan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur dasar, peningkatan kinerja dan pelayanan daerah, pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan serta peningkatan kualitas kehidupan beragama, adat dan sosial budaya, urai Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.