Portal Kabupaten Sijunjung

ORIENTASI DAN PENGUKUHAN BUNDA PAUD SE-KABUPATEN SIJUNJUNG

0

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang memberikan pengasuhan, perawatan, dan pelayanan kepada anak usia lahir sampai 6 tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki Sekolah Dasar dan kehidupan tahap berikutnya.

Keberhasilan sebuah PAUD tidak bisa dipisahkan dari peran Bunda PAUD sebagai motivator sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Tidak hanya itu, Bunda PAUD juga berperan sebagai figur ibu yang menjadi tokoh sentral di setiap jenjang pendidikan mulai dari tingkat Nagari hingga Nasional.

Untuk meningkatkan kompetensi Bunda PAUD dilakukan Orientasi Bunda PAUD di Balairung Lansek Manih yang diikuti Bunda PAUD se-Kabupaten Sijunjung pada Selasa, (11/04) yang dibuka oleh Staf Ahli, Syahrial, MM dengan pemateri Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung Ny. En Yuswir dan Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Syamsul Bahri, MM.

Selain pengukuhan 374 Bunda PAUD Jorong, Nagari dan Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung dan Orientasi Bunda PAUD, sore ini akan dilakukan pelantikan Pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Sijunjung Tahun 2017 – 2022 oleh Ketua HIMPAUDI Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno.

Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, En Yuswir mengatakan bahwa pendidikan awal masa pertumbuhan anak sangat penting, karena pada masa atau fase ini adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak mulai terbentuk. Seluruh komponen masyarakat harus menyadari bahwa pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi orang tua dan masyarakat juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskannya. “Sebagai mitra Pemerintah Daerah, kami mengharapkan kehadiran Bunda PAUD bisa berperan dalam menyiapkan generasi bangsa yang sehat, cerdas berkualitas, kreatif dan inovatif dalam membangun generasi emas di masa datang,” ujar En Yuswir.

Staf Ahli, Syahrial, MM dalam sambutannya berharap dengan pengukuhan Bunda PAUD, pelantikan Pengurus HIMPAUDI dan diberikannya orientasi kepada Bunda PAUD se-Kabupaten Sijunjung dapat menjadi faktor penguat bagi para Bunda PAUD untuk memberikan kontribusi bagi terciptanya generasi penerus Kabupaten Sijunjung yang berkwalitas.

“Para Bunda PAUD Jorong, Nagari dan Kecamatan merupakan perpanjangan tangan dari Bunda PAUD Kabupaten, merekalah yang nantinya memegang peranan penting dalam mendidik anak usia dini yang ada di Kabupaten Sijunjung. Bunda PAUD pada setiap tingkatan harus mampu berkoordinasi dalam mendata setiap anak usia sekolah, sehingga setiap anak harus mendapatkan kesempatan untuk bersekolah”, imbuhnya-budhi-kominfo@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.