Portal Kabupaten Sijunjung

NAPI DIBEKALI SOSIALISASI PROGRAM KERJA

0

Puluhan narapida di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung bersama pemuka masyarakat, organisasi pemuda dan calon pencari kerja dibekali sosialisasi program penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam dan luar negeri.

Hal itu bertujuan meningkatkan wawasan dan pemahaman akan proses penempatan dan perlindungan tenaga kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri sesuai prosedur dan aman dalam bekerja.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini, terwujudnya pelayanan pasar kerja secara cepat, tepat dan transparan kepada calon pencari kerja yang memasuki dunia kerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri di aula Lapas kelas II B Muaro Sijunjung, Rabu (3/5).

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat, Dwi Prasetio Santoso menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung yang memiliki komitmen yang kuat dalam pembinaan narapida.

“ Terima kasih untuk semua, mudah-mudahan ini akan membawa berkah dan kesadaran kepada warga binaan untuk nantinya setelah keluar dari penjara tidak ada lagi niat kembali lagi,” ucap Dwi Prasetio.

Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy mengatakan, sosialisasi program penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  merupakan salah satu upaya untuk memperluas akses informasi kepada calon TKI mengenai jenis pekerjaan, lokasi kerja, besarnya upah, jam kerja dan kondisi kerja.

Dihadapan narapida dan peserta sosialisasi lainnya serta kepala OPD, camat dan undangan, orang nomor dua di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih lebih banyak memberikan motivasi kepada narapida agar dapat menjalankan kehidupan lebih baik setelah menjalani masa hukuman.

Ia meminta, narapida untuk bisa menambah ilmu selama berada dalam tahanan, seperti ikutserta dalam berbagai pelatihan keterampilan atau membuat sesuatu yang bernilai ekonomis lainnya.“Keterampilan sangat berguna setelah keluar dari tahanan,” katanya.

Para narapida yang tersangkut berbagai kasus ini juga diminta untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sebab dapat menjadi benteng berharga ketika kembali ke masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wabup Arrival Boy menyerahkan selembar kain tenun hasil keterampilan warga binaan Lapas kelas II B kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM, Dwi Prasetio Santoso.

Sebelumnya, Wakil Bupati Arrival Boy bersama Kepala Kantor Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat, Dwi Prasetio Santoso, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sijunjung, Kalapas Muaro Sijunjung, Marten melepas 10.000 ribu bibit ikan nila dikolam budidaya warga binaan yang berada disamping Lapas kelas II B Muaro Sijunjung.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.