Portal Kabupaten Sijunjung

BERKAUL ADAT DI NAGARI SIJUNJUNG

0

Nagari Sijunjung tepatnya di Perkampungan Adat Sijunjung mengadakan acara Berkaul di Tabek Nagari Sijunjung, Senen (23/10).

Ikut hadir Wakil Bupati Sijunjung Arivval Boy, Anggota DPRD Sofyan Hendri, Kepala OPD, Unsur forkopimda, Camat Sijunjung, Wali Nagari, KAN, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Masyarakat Nagari Sijunjung.
Acara ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang wajib diadakan setelah panen padi yaitu bakaua adat, yang artinya bersyukur kepada Allah atas berkat yang telah diberikan berupa rezki yang didapat pada tahun ini.
Dalam laporan Ketua panitia dari Palito Bonsu menyampaikan berdasarkan keputusan Niniak Mamak Nagari Sijunjung pada Hari Juma’t tanggal 18 Agustus 2017 penetapan hari dan tanggal berkaul katabek.

Kegiatan ini telah dimulai dengan Pra Katabek dengan kegiatan Lomba Malamang, Membuat Amping dan Manampi Padi dari Jorong Se-Nagari Sijunjung.

Kegiatan ini merupakan bentuk terwujudnya koordinasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan maupun pemeritahan antara pemerintah nagari dengan lembaga – lembaga nagari, dan sebagai upaya perkuatan budaya (revitalisasi) kapasitas institusional dalam melaksanakan tupoksi dalam pembangunan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung sehingga dapat terwujudnya institusi yang lebih kuat dengan tingkat kinerja yang lebih baik.

Dalam sambutan Wakil Bupati Sijunjung menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bentuk pelestarian budaya. “Mari kita bangun Perkampungan Adat ini menjadi Perkampungan Wisata, sehingga para wisatawan luar tertarik dan terwujudnya Nagari yang Madhani” imbaunya. (Dikco/Rio/Dwita/Rara-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.