Portal Kabupaten Sijunjung

NAGARI PADANG LAWEH MENGADAKAN ACARA HIBURAN DENGAN KESENIAN DAERAH

0

Pembukaan acara hiburan Randai di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kamis malam, diadakan di Los Pasar Padang Laweh terlihat ramai pengunjung pada malam ini, (10/8). Randai adalah permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok dengan berbentuk lingkaran, randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama, dan silat menjadi satu, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi di ke nagarian padang laweh sampai padang laweh selatan.

Pembukaan dihadiri Kabid PIKP Dinas Kominfo, Wali Nagari Padang Laweh, Niniak Mamak, Bundo Kanduang serta Masyarakat Padang Laweh yang sempat hadir.

Hiburan ini berlangsung dari tanggal 10-17 Agustus 2017 yang diikuti oleh Group Randai, Rabbana,Baombai,Qasidah, dan Selawat Dulang kesenian yang ada di Nagari Padang Laweh.

Dalam sambutannya Wali Nagari Padang Laweh, Rusdi Antoni, mengatakan dalam posisi kesenian randai sebagai seni tradisi turun temurun yang harus dilestarikan, kegiatan ini Ardenon mampu memancing kesadaran para pemuda untuk mempertahankan dan melestarikan kesenian-kesenian yang ada di daerah kita, acara ini dibuat untuk memeriahkan HUT RI ke-72 sekaligus untuk menghibur masyarakat Nagari Padang Laweh tentu nya.

Nagari Padang Laweh tidak hanya mengadakan Festival randai adapun berbagai rangakaian acara seperti Turnamen Bola Kaki,Volly, Takraw dan permainan Domino, acara ini sudah menjadi rutinitas kita di Nagari Padang Laweh setiap tahunnya.

Kabid Pengelolah Informasi dan Komunikasi Publik, Aslinda Guslen,SH,MM memaparkan tugas pokok dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika, sekaligus membuka secara resmi acara hiburan kesenian tradisi di nagari padang laweh.

Ia berharap Kesenian tradisi daerah jangan sampai hilang karena kecanggihan teknologi sekarang ini dan dapat memberikan informasi melalui kesenian tradisi daerah, Kesenian tradisi adalah salah satu media penyampai Informasi kepada masyarakat dan juga sebagai agen informasi di nagari melalui Kelompok Informsi Masyarakat (KIM). (Dicko/noven-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.