Portal Kabupaten Sijunjung

NAGARI MUARO BODI ELOK DAN RAPI

0

Tim penilai nagari berprestasi Kabupaten Sijunjung disambut hangat oleh masyarakat Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari, saat menilai nagari tersebut, Jumat (19/5).

Tim yang diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung H. Syukri, tidak hanya disambut alim ulama dan  ninik mamak yang berpakaian kebesaran serta pengurus dan anggota majelis taklim yang berpakaian seragam, tapi juga diterima oleh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Iraddatillah bersama Camat IV Nagari, Rahmat Ronaldi Rosman, Muspika, pimpinan unit kerja tingkat kecamatan dan berbagai unsur masyarakat.

Sambutan yang juga sangat mengesankan, adalah keelokan Nagari Muaro Bodi yang dipimpin Defri Marjulis. Disamping bersih dan tertata rapi, beberapa ruas jalan yang dilewati tim juga sudah  dipagar.

Begitu juga sejumlah taman bunga dan apotek hidup yang dibuat dan pelihara anggota PKK, juga terlihat bersih dan indah dengan pagar bercat warna warni yang rapi dan kokoh seperti baru dibenahi.

“Inilah salah satu dampak dari penilaian, nagari berubah corak dalam seketika. Tapi yang kita harapkan bukanlah perubahan yang dratis ini, melainkan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan kontiniu melalui kebersamaan yang wujudnya memacu pembangunan serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” kata ketua tim penilai, Syukri di atas mobil dinasnya.

Dalam penyambutan yang berlangsung di halaman Kantor Walinagari, Camat Rahmat Ronaldi Rosman mengatakan, untuk tahun 2017 ini, setelah dilakukan penilaian dan evaluasi, Muaro Bodi merupakan nagari terbaik di IV Nagari, sehingga dipercaya mewakili kecamatan ini untuk mengikuti pemilihan nagari berprestasi di tingkat kabupaten.

Alhamdulillah, penilaian Nagari Muaro Bodi dilaksanakan pada hari baik, yaitu hari Jumat. Mudah-mudahan Muaro Bodi juga menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Sijunjung pada tahun 2017 ini,” harap camat.

Ketua tim penilai, Syukri mengatakan, penilaian nagari berprestasi sudah merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung. Namun penilaian nagari berprestasi 2017 ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Kalau tahun sebelumnya mengacu kepada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2007, tentang penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan (di Sumbar nagari), tahun 2017 ini berpedoman pada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa (nagari) dan kelurahan.

Indikator yang dinilai dalam penilaian nagari berprestasi pada 2017 ini, meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, penataan kewilayahan dan kemasyarakatan, jelas Syukri.

Kelanjutan dari penilaian nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung, Senin (22/5) ini dilkasanakan di Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus serta Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan, kata. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.