Portal Kabupaten Sijunjung

NAGARI LIMO KOTO GELAR ALEK BATAGAK GALA

0
Kenagarian Limo Koto Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung gelar alek batagak gala sako di depan mesjid taqwa Jorong Aur Gading, Minggu (25/2).
Kegiatan Ini dihadiri Bupati Sijunjung Yiswir Arifin, Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Marlina Suswanti, Anggota DPRD Sijunjung Muslim dan Sumanto, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau Sumatera Barat M. Sayuti Datuak Rajo Panghulu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau Kabupaten Sijunjung Epi Radisman Datuak Paduko Alam, Kepala OPD, Kabag Kesra, Camat Koto VII, Forkopimcam Koto VII, Niniak Mamak Alim Ulama Bundo Kanduang serta undangan lainnya.
Dua puluh tiga Datuak dilewakan gala sako dari berbagai suku di aur gading Nagari Limo Koto.
Ketua LKAAM Sunbar Sayuti mengatakan Maraknya Narkoba dan LGBT di Sumbar, sudah bukan berita baru lagi, karena itu, untuk memberantasnya, tugas ini bukan hanya tugas pemerintah saja, para Datuak, masyarakat dan kita semua, terutama orangtua untuk dapat mengawasi pergaulan anaknya sehingga 2 hal tersebut, tidak semakin meluas, dan dapat kita tangkal bersama.
Para Datuak yang sudah dilewakan, merupakan utusan kaumnya, yang dipilih untuk membimbing suku dan kaumnya. Yang terpenting ia ada di tengah kaumnya untuk mengatasi permasalahan yang ada di kaumnya, Selain tugas untuk membimbing anak dan kamanakan dari kaumnya “Tutupnya”
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengapresiasi atas diselenggarakannya sebuah kegiatan untuk melestarikan budaya lokal yang ada di masyarakat minangkabau tepatnya di Kabupaten Sijunjung, dengan melewakan gala Datuak.
Tugas Datuak di minangkabau sangat berat, ditengah derasnya arus informasi dan teknologi saat ini, kita prihatin dengan pola pergaulan anak kemenakan kita, yang terjadi sekarang ini “Tambahnya”
akhir dari acara malewakan gala ini ditutup dengan makan bajamba.(Noven/Dicko-Kominfo@Sijunjung.go.id)
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.