Portal Kabupaten Sijunjung

MTQ KECAMATAN KOTO VII MERIAH

0

Guna mencari kafilah terbaik untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sijunjung, pemerintah Kecamatan Koto VII selenggarakan MTQ tingkat kecamatan Jumat dan Sabtu  (10 dan 11/6) malam  pada tiga  Masjid dan satu panti di Nagari Tanjung.

MTQ yang diikuti 175 kafilah dan offesial, utusan dari tujuh nagari, dibuka Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, di Masjid Darussalam Nagari Tanjung.

Pembukaan yang berlangsung semarak, dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD, Walbardi dan Amrizal, sejumlah kepala SKPD, Muspika, kepala KUA, kepala UPTD dan UPTB, walinagari, tokoh dan pemuka masyarakat Kecamatan Koto VII serta seluruh kafilah dan offesial.

 “Saya sudah beberapa kali membuka MTQ tingkat kecamatan,  tapi di Koto VII inilah yang paling semarak. Suasana semarak tercipta, bukan saja karena tilawah yang anggun dan megah serta dihiasi lampu kelap kelip berwarna warni, tapi karena kehadiran kita yang sangat ramai. Untuk itu, atas nama pemerintah daerah dan putra Tanjung Ampalu, saya sangat bangga dan gembira serta mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan kepada semua kita yang telah menghadiri pembukaan MTQ ini. Sebagai ungkapan dari kebanggaan dan kegembiraan yang saya rasakan, hadiah untuk para pemuncak saya tambah Rp1 juta,” kata Wabup Arrival Boy.

 “Namun di balik kebanggaan dan kegembiraan yang saya rasakan, terselip kesedihan yang mendalam. Karena sebagaimana dilaporkan ketua pelaksana, dari sekian banyak kafilah yang mengikuti MTQ, utusan dari Nagari Bukit Bual hanya tiga orang. Sedangkan kafilah nagari lain mengikuti seluruh cabang yang dilombakan. Kondisi yang sangat memprihatinkan ini, menimbulkan pertanyaan besar bagi saya. Apakah tidak ada anak-anak atau remaja yang pandai mengaji di Bukit Bual, atau tidak ada yang mau mengikuti MTQ, atau kepedulian kita yang kurang,” ulas Wabup dengan wajah sedih.

Sekcam Koto VII Indra Muli selaku ketua pelaksana dalam laporannya  mengatakan, MTQ yang berlangsung Jumat dan Sabtu  (10 dan 11/6) malam, di Nagari Tanjung, dilaksanakan di Masjid Darussalam, Masjid Nurul Jannah, Masjid Nurul Ummi dan di Panti Darul Iman.

Jenis lomba yang dilaksanakan, Tilawah tingkat  anak-anak, remaja dan dewasa putra putri, Tartil tingkat remaja, menengah dan tingkat umum putra putri, MSQ serta khutbah Jumat.

“Enam nagari mengikuti seluruh cabang yang dilombakan. Sementara Nagari Bukit Bual hanya mengutus tiga kafilah, sehingga secara keseluruhan kafilah dan offesial yang mengikuti MTQ tingkat Kecamatan Koto VII ke-38 ini, berjumlah 175 orang,” jelas Indra Muli.

Supaya MTQ terlaksana dengan baik, sukses dan lancar, untuk seluruh kafilah, offsial dan pelatih dari tujuh nagari, disediakan penginapan di rumah penduduk. Untuk para pemuncak dan  juara umum, panitia pelaksana menyediakan uang pembinaan dan piala bergilir, tambah Sekcam. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.