Portal Kabupaten Sijunjung

MIGAS INVESTASI BESAR DALAM JANGKA PANJANG

0

Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengatakan, sektor industri minyak dan gas (Migas) sangat berperan dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Investasi di bidang Migas, merupakan investasi yang sangat besar dalam jangka waktu panjang.

 Karena itu, iklim investasi yang kondusif adalah syarat mutlak yang menjadi perhatian pemerintah agar berkesinambungan. Artinya, pemerintah mempunyai kepentingan yang sangat besar terhadap pengembangan industri Migas karena potensi sumber daya Migas sangat besar untuk dikelola.

 Hal itu dikatakan bupati pada sosialisasi Participating Interest Plan Of Developmen (PI POD)-I lapangan Sinamar, di hotel Mercure Padang.

 Sosialisasi yang dibuka Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, diikuti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Pemprov Sumbar serta Sekdakab Zefnihan, AP, M. Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Irwandi, SIP, M. Si, kepala OPD dan Kabag terkait Pemkab Sijunjung. Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri sejumlah pejabat SKK Migas dan kontraktor KKS.

 Nara sumber yang menyajikan materi dalam sosialisasi ini, antara lain Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang; Arie Yuriwin, Direktur PNKNL-DJKN Kementerian Keuangan; Purnama T. Sianturi, Kepala Sub. Direktorat Penilaian Pengembangan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Kementerian ESDM; Ardhi Krisnanto serta Kepala Bagian Hukum Ditjen Migas Kementerian ESDM; Safriansyah Yanwar Rosadi.

 “Proses panjang dalam mencari cadangan Migas di wilayah Blok Bukit Barisan, sudah dinanti oleh masyarakat Kabupaten Sijunjung. Karena itu, kita semua berharap eksplorasi yang dilakukan SKK Migas bersama PT. Rezki Bukit Barisan Energi (RBBE), membuahkan hasil serta dapat dilanjutkan ketahap POD,” ulas bupati.

 Dalam pengembangan lapangan minyak dan gas bumi, tentu memerlukan lahan. Karena itu, pemerintah Kabupaten Sijunjung berkomitmen proses perolehan lahan untuk keperluan POD berjalan lancar.

 Terkait dengan sosialisasi PI POD-I lapangan Sinamar yang diselenggarakan, Bupati Yuswir Arifin berharap tidak hanya sekedar mempererat kerja sama para pihak dalam penerapan peraturan, tapi juga menjalin silaturrahim yang lebih erat guna mempercepat tercapainya tujuan industri hulu migas untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sijunjung.

 Senada dengan bupati, Gubernur Irwan Prayitno juga berharap eksplorasi yang dilakukan SKK Migas bersama PT. RBBE membuahkan hasil, karena pengelolaan Migas itu tidak hanya harapan rakyat Kabupaten Sijunjung, tapi juga harapan masyarakat Sumbar.

 Sementara Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara, Hanif Rusjdi akan selalu mendampingi dan memfasilitasi setiap tahapan pemenuhan komitmen dalam rangka POD-I lapangan Sinamar.

 “Supaya pelaksanaan POD-I lapangan Sinamar berjalan lancar dan sukses, kami akan selalu mendampingi dan memfasilitasi setiap tahapan pemenuhan komitmen,” kata Hanif Rusjdi. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.