Selasa, Oktober 21, 2025
BerandaPemerintahanMewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Diskominfo Sosialisasi E-LHK Untuk TIngkatkan Kinerja...

Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Diskominfo Sosialisasi E-LHK Untuk TIngkatkan Kinerja dan Integritas ASN

DISKOMINFO SIJUNJUNG – Pada hari Rabu, 5 Oktober 2025. Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Sijunjung bersama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Menggelar acara Sosialisasi Aplikasi E-LHK dengan Evidence Based di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati. Acara itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Dr. Zefnihan.

Acara sosialisasi berlangsung ramai, Dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah, Camat Se-Kabupaten Sijunjung, Direktur RSUD dan setiap Dinas menugaskan Sekretaris, Kasubag Umum Kepegawaian serta Subbag perencanaan.  

Memulai acara dengan sambutan dari Sekretaris Daerah dengan arahan yang semangat menekankan bahwa meskipun dihadapkan pada tantangan anggaran daerah yang tengah mengalami efisiensi, tetapi perkembangan Sijunjung tidak pernah berhenti. Berdasarkan Visi-Misi Bupati Sijunjung, “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekretaris Daerah juga sangat menekankan kinerja pada tugas itu penting. 

“Bagi orang lain, mungkin mereka melihat E-LHK bukan sebagai sebuah beban yang memberatkan, suatu kewajiban yang harus dipikul dengan susah payah. Tetapi, bagi kami di jajaran Pemerintah, kami melihat ini sebagai sesuatu yang jauh berbeda: ini adalah sebuah aset yang sangat berharga. Kita harus mengubah paradigma berpikir; kita di sini bukan sekadar karyawan yang hanya menjalankan tugas rutin semata.” Tegasnya 

Setelah acara dibuka, Kepala BKPSDM memulai materi terkait dengan Aplikasi E-LHK dengan Evidence Based. Kinerja, Peningkatan pelayanan publik, kreativitas dan partisipatif ASN diharapkan dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Foto: Yuda PIKP

Manajemen ASN Sistem Merit merupakan penerapan kebijakan manajemen ASN yang didasari pada beberapa Prinsip yaitu, Perencanaan kebutuhan ASN, sistem pengadaan pegawai, kompetensi kerja terhadap daerah,Pengajian serta reward, program pelayanan dan perlindungan juga sistem informasi digital seperti sosialisasi e-lhk saat itu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia , Muhadiris, S.P, M.E, juga menjelaskan rangkaian dan proses evaluasi tugas per-individu harus mendukung pencapaian kinerja yang mendukung kerja kita di bidang merujuk pada visi-misi kinerja organisasi melalui aktivitas kerja. Setelah melakukan rapat tercapai sebuah keputusan.

“Evaluasi dan Validasi terhadap seluruh laporan aktivitas kinerja staf dilakukan secara cermat dan terperinci. Proses ini merupakan agenda mingguan yang wajib dilaksanakan oleh Kepala Dinas (Kadis) di masing-masing unit kerja. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk menjamin keabsahan, akuntabilitas, dan objektivitas dari setiap capaian dan kegiatan yang telah dilaporkan, sehingga data kinerja yang dihasilkan benar-benar valid dan dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan strategis.” Ujarnya sebagai penutup materi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra, M. Sc, juga menyampaikan pernyataan sebelum praktik aplikasi e-LHK dilaksanakan, menginformasikan modul terbaru bisa dapat dicoba untuk bulan November dan Desember agar dapat digunakan secara bersama-sama pada 1 Januari 2026 mendatang.

“Saat ini, kami sudah melangkah maju dengan signifikan. Diskominfo Sijunjung secara proaktif sudah melakukan uji coba tahap awal terhadap aplikasi e-LHK. Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah untuk memastikan proses pelaporan dan evaluasi dapat berjalan lebih transparan dan efisien. Semua informasi tersebut kini bisa ditanyakan dan diperoleh secara langsung di Diskominfo sebagai pihak yang mengelola dan mengembangkan aplikasi tersebut.” infonya.

Foto: Yuda PIKP

Aplikasi E-LHK dengan evidence based memberikan berbagai manfaat seperti paham akan tupoksi kerja, input bukti kerja yang membantu mengerjakan serta melaporkan triwulan dan rekap kerja lebih mudah.

Dengan kesiapan dari para peserta sosialisasi, pemaparan materi ditutup dan dilanjutkan dengan Praktik E-Lhk yang dipandu oleh Mega Asbut, S.E, M. IKOM bersama dengan tim teknis Kominfo. Peserta dari seluruh OPD kini diarahkan untuk melakukan praktik langsung menginput data dan membuat bank aktivitas di aplikasi e-lhk. (Annisa)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments