Portal Kabupaten Sijunjung

MASYARAKAT SUMPUR KUDUS BAKAUA ADAT

0

Sebagai ujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki, masyarakat Nagari Sumpur Kudus rutin melaksanakan kaua adat setiap habis panen dan sebelum turun ke sawah.

Kaua yang dilaksanakan di Situs Cagar Alam Syekh Ibrahim, tidak hanya diikuti puluhan ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai dan bundo kanduang serta masyarakat dan Camat Sumpur Kudus, Syamsu. J,  tapi juga dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy bersama sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Sijunjung.

Menurut ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sumpur Kudus H. Soedarman Dt. Bandaro Hitam, bakaua  yang rutin dilaksanakan setiap habis panen dan sebelum turun ke sawah, merupakan  ujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki.

Selain mensyukuri nikmat, berdoa dan mohon rezki serta  menciptakan kebersamaan dan kekompakan masyarakat tani dalam menggarap sawah, bakaua yang diadakan hari  ini (Kamis –Red), juga untuk menyambut Bulan Ramadhan 1437 H.

Selain menjelaskan berbagai pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, Wabup Arrival Boy juga berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat Sumpur Kudus kekompakan yang terjalin erat tidak hanya untuk bakaua, tapi dijadikan modal dasar untuk memacu pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Supaya kemajuan pembangunan nagari tercapai sesuai harapan, masyarakat harus bahu membahu mengerjakan setiap pembangunan yang dilaksanakan. Karena dengan kebersamaan dan kekompakan yang terjalin erat, segala sesuatunya mudah diselesaikan, kata Wabup.

Disamping itu Wabup juga berharap dan berpesan kepada masyarakat Nagari Sumpur Kudus untuk tetap melaksanakan dan melestarikan bakaua adat, karena banyak manfaat yang terkandung  di dalamnya.

Manfaat yang terkandung dalam bakaua adat, tidak hanya  mensyukuri nikmat yang diterima dan  berdoa agar Allah SWT selalu memberikan rezki, tapi juga menjaga dan menegakan adat istiadat, mempererat silaturrahim serta persatuan dan kesatuan, jelas Wabup Arrival Boy. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.