Portal Kabupaten Sijunjung

MASYARAKAT KURANG MAMPU AKAN DIBERIKAN BANTUAN HUKUM

0

Dalam penyampaian nota penjelasan 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), di ruang rapat utama gedung DPRD Sijunjung beberapa waktu lalu,  diantaranya berisikan Ranperda Lembaga bantuan hukum bagi masyarakat miskin, lembaga penyiaran publik local Radio Lansek Manih dan kawasan tanpa asap rokok.

Rapat yang dipimpinan oleh wakil ketua Walbardi di dampingi oleh wakil ketua Nursidin Jamil serta Bupati Sijunjung Yuswir Arifin. Dan dihadiri seluruh anggota DPRD sijunjung, Sekda AT Rohendi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se kabupaten Sijunjung.

Pada penyampaian tersebut, Daswanto ketua Komisi III DPRD Sijunjung mengutarakan, perlu dibentuk sebuah Ranperda tentang bantuan hukum  bagi keluarga miskin. Rakyat miskin perlu diberikan bantuan hukum. Sesuai dengan amanat UUD 1945, sesuai dengan pasal 1 ayat 3 undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 menegaskan. “Negara Indonesia adalah Negara hukum. Negara mengakui dan melindungi hak asasi manusia bagi setiap individu termasuk hak atas bantuan hukum. Penyelenggaraan pemberian bantuan hukum kepada warga Negara, khususnya warga miskin, merupakan upaya untuk memenuhi dan sekaligus sebagai implementasi Negara hukum yang mengakui dan melindungi serta menjamin hak asasi warga Negara terhadap kebutuhan akses terhadap keadilan dan kesamaan dihadapan hukum.

“Sampai saat ini di Kabupaten Sijunjung belum ada peraturan daerah yang secara khusus menjamin terlaksananya hak konstitusional warga Negara tersebut, sehingga dengan dibentuknya peraturan daerah tentang bantuan hukum untuk masyarakat miskin ini akan menjadi dasar bagi pemerintah daerah untuk melaksanakan hak konstitusional warga Negara di bidang bantuan hukum, khususnya bagi orang atau kelompok orang miskin di Kabupaten Sijunjung,” tutur Daswanto.

Dalam artian, Setiap rakyat berhak mendapatkan bantuan hukum, dan sama dihadapan hukum. Maka dari itu, khususnya di Kabupaten Sijunjung, bagi masyarakat kurang mampu yang tersandung masalah hukum, nantinya akan diberikan bantuan hukumnya agar mendapatkan perlindungan dan haknya sebagai warga Negara. –  Endo.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.