Portal Kabupaten Sijunjung

Masyarakat Sinyamu Selenggarakan Berkaua Adat

0

Sinyamu, MC Sijunjung- Masyarakat Nagari Sinyamu, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung menggelar acara Bakaua Adat di lokasi perkaulan adat Jati, Jorong Koto Sinyamu, Senin (9/12).

Kegiatan dihadiri langsung Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Kepala Dinas Pertanian, Camat Tanjung Gadang, Wali Nagari Sinyamu, Wali Nagari Timbulun, Ketua KAN Sinyamu Timbulun, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Perangkat nagari serta masyarakat Sinyamu.

Salah seorang tokoh masyarakat Dai Asmadi yang merupakan mantan Wali Nagari Sinyamu, mengatakan Bakaua Adat adalah tradisi di Nagari Sinyamu dari nenek moyang dahulu yang berkelanjutan sampai saat sekarang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas hasil panen padi yang diperoleh, baik panen tahun lalu maupun untuk turun ke sawah ditahun ini.

Dai asmadi dalam sambutan juga menyampaikan harapan kepada Bupati Sijunjung agar menambah perluasan lokasi perkaulan adat Sinyamu karena saat ini lokasi terlalu sempit.

Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung mengatakan berkaul adat merupakan acara sakral, bumi sanang padi manjadi, dalam nagari sauku sakato, terhindar dari bencana alam yang menimpa nagari, masyarakat senang sehat sentosa, berkumpul bersama disini dengan berdo’a agar semua itu terwujud.

Selain itu, ia mengharapkan kepada para ninik mamak dan tokoh masyarakat agar bersama sama untuk menjaga budaya berkaul ini.

“Mari kita bersama sama menjaga serta melestarikan budaya yang ada, terutama berkaul adat, khusus bagi generasi muda untuk ikut serta dalam mengembangkannya,” imbau bupati

Selain itu, kegiatan bakaua adat juga sebagai media informasi atau sarana penyampaian pesan dari ninik mamak tokoh masyarakat dan pemerintahan nagari.

Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo juga menanggapi harapan dari salah seorang tokoh masyarakat sinyamu Dai Asmadi mengenai perluasan lokasi perkaulan adat, akan di tingkatkan lagi berdasarkan anggaran yang sesuai aturan anggaran nagari maupun anggaran APBD. Darwen/MC SIjunjung@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.