Portal Kabupaten Sijunjung

Marakkan Penggunaan Internet Sehat, Diskominfo Gelar Sosialisasi.

Sijunjung, MC Sijunjung – Maraknya penyalahgunaan internet, hoax dan ujaran kebencian di media sosial mendorong Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung untuk memberikan pencerahan kepada pelajar untuk bijak dalam menggunakan internet.

Untuk itu secara rutin Dinas Kominfo menggelar sosialisasi penggunaan internet sehat pada beberapa sekolah. Tahun ini dijadwalkan Sosialisasi Internet Sehat di SMP 4 Sijunjung dan SMK 4 Sijunjung pada 24 s/d 25 Maret 2021, dikuti 70 pelajar dan guru dengan menghadirkan narasumber Puji Basuki (Kominfo), Syafril (Polres Sijunjung) dan Suwardi (Satpol PP dan Damkar).

Syafril dan Suwardi memaparkan bahwa dengan UU ITE, tidak sedikit pelaku ujaran kebencian dan hoax bisa dijerat ke ranah hukum karena karena ikut menyebarkan hoax dan ujaran kebencian.

Puji Basuki mengupas tentang pesatnya perkembangan dunia IT yang semestinya dimanfaatkan sebagai sumber ilmu, sarana pembelajaran, transaksi bisnis, kemudahan dalam mengakses data dan hiburan. Pengguna internet juga perlu waspada dengan menjaga kerahasiaan data pribadi agar tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Puji menambahkan, pengguna internet juga harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi di media sosial.

“Cermati judul yang provokatif, cermati alamat situs, cek keaslian foto/video, periksa fakta yang sebenarnya dan sharing dulu sebelum sharing”, tutup Puji.(budhi-kominfo)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.