Portal Kabupaten Sijunjung

MAKSIMALKAN PENYELESAIAN LELANG KEGIATAN

0

menyelesaikan lelang kegiatan. Sebab, saat ini proses lelang kegiatan pembangunan di sejumlah organisasi perangkat daerah atau OPD masih macet dan terkesan lambat .

Menurut anggota Komisi II DPRD Sijunjung Ferly Wiranata Anas S.Ip sampai bulan agustus ini yang sudah selesai proses lelangnya masih minim dari harapan. “Proses lelang kalau molor dampaknya pada pelaksanaan kegiatan pembangunan, beberapa OPD mengaku sudah mengirim dokumen lelang ke ULP, namun tak kunjung ada hasilnya,” ujar politisi PDI-P tersebut.

Dikatakan, banyak proyek dibulan Agustus ini belum dikerjakan karena terkendala lelang. Padahal proyek tersebut tidak termasuk multiyears sehingga harus segera diselesaikan pada tahun anggaran. “Akibatnya pengerjaan terkesan dipaksakan dan yang penting akhir tahun bisa selesai,” katanya.

Hal tersebut, menurut Ferly menjadi salah satu faktor penyebab tidak maksimalnya kualitas hasil pembangunan. “Kami mendorong pada awal tahun 2018 besok pelaksanaan lelang bisa lebih baik dengan dipercepat maka semua kegiatan bisa terserap secara maksimal dan sekiranya kegiatan yang memiliki anggaran besar yang tidak mungkin dilaksanakan dalam satu tahun anggaran bisa menggunakan system multiyears,” harapnya. Dirinya juga menambahkan anggaran besar tidak menjamin manfaat yang besar manakala antara perencanaan dengan pelaksanaan  tidak sesuai. “ Kita harus lebih banyak mencontoh ke daerah lain, dimana kegiatan pembangunan dilaksanakan di awal tahun anggaran, sehingga serapan dana pembangunan lebih efektif dan tepat sasaran,” paparnya. –(yan@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.