Portal Kabupaten Sijunjung

LOMBA MTQ DAN PIDATO BAHASA MINANG MEMPERINGATI HARI IBU KE 89 DAN HUT DPW KE 18

0

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan menggelar acara lomba MTQ di Balairung dan Lomba Pidato Bahasa Minang di Sibinuang Sakti. Kedua acara ini sekaligus dibuka oleh Ketua GOW Kabupaten Sijunjung Ria Arrival Boy Selasa, (12/12).

Lomba MTQ diikuti oleh 14 peserta dari DW dan Forkopimda sedangkan Lomba Pidato Bahasa Minang diikuti oleh 14 peserta dari DW Organisasi Kabupaten Sijunjung.

Acara ini mengangkat tema “Kemandirian Perempuan Yang Bebas Dari Kekerasan Dan Tetap Dalam Kodratnya Sebagai Istri dan Dalam Rumah Tangga Menuju Kehidupan Madani”.

Lomba MTQ meliputi tiga juri dari Kemenag yaitu Syahlul, Spd. I, Tisnawati dan Mujahidin Asmi. Kriteria penilaian dari lomba MTQ dinilai dari tajwid yaitu ketepatankejelasan dalam menyebutkan huruf, selanjutnya irama pada saat melafazkan ayat tidak boleh putus-putus, dan yang terakhir yaitu kejelasan bacaan dalam Alquran.

Lomba pidato bahasa minang juga menghadiri tiga juri yaitu DT. Mantabudi dari LKAM, Horifa Satifa dari Bundo Kanduang dan Budhi Afrizaldi, S.S , M.I.KOM dari Kominfo. Salah satu dari juri menyampaikan penilaian- penilaian dari lomba yakni pertama, ekspresi mimik dalam menyampaikan bahasa/ ucapan kata yang dibacakan, selanjutnya intonasi tekanan bahasa/tekanan kata-kata yang digunakan dalam bahasa yang diucapkan, kemudian teknik vokal tentang vokal suara apakah suaranya sedang, datar, tinggi atau lambat, dan terakhir yaitu isi pidato yang merupakan nilai tertinggi yang dinilai karena inti dari pidato bahasa minang ada diisi pidato tersebut.

Dalam Sambutannya Ria Arrival Boy mengatakan Peringatan Hari Ibu di Indonesia sesungguhnya mengandung makna yang lebih dan Hari Ibu bukan hanya diperuntukkan bagi para ibu dalam arti harfiah saja, melainkan juga untuk seluruh perempuan Indonesia.

“Semoga dengan diadakannya acara ini kita tetap menjalin kebersamaan dan semoga acara ini berjalan dengan lancar” ujarnya.(Dwita/kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.