Portal Kabupaten Sijunjung

LOKASI PEMBANGUNAN KIOS MINI IKAN DITETAPKAN

0

Setelah melakukan kajian dan duduk bersama dengan Wali Nagari serta ninik mamak Nagari Kamang, Dinas Pangan dan Perikanan akhirnya menetapkan lokasi pembangunan kios mini ikan di Pasar Kamang.

Lokasi pembangunan kios mini ikan di Pasar Kamang Kecamatan Kamang Baru memanfaatkan gedung bekas kantor camat pembantu.” Lokasi ini dipilih karena tempat itu paling strategis,” kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Yulizar melalui kepala Bidang Produksi Perikanan, Sutarto.

Menurut Sutarto, penetapan lokasi pembangunan kios mini ikan di Pasar Kamang Kecamatan Kamang Baru setelah pihaknya melakukan kajian.Selain melakukan kajian, pihaknya bersama Wali Nagari dan Ninik Mamak Nagari Kamang duduk bersama untuk menentukan lokasi pembangunan kios mini ikan.

 “ Insya Allah dalam waktu dekat nanti pembangunan kios mini ikan di Pasar Kamang bisa dimulai,” ujar Kepala Bidang Produksi Perikanan.

Dia mengatakan, pihaknya segera mungkin membuat desain gambar kios mini ikan dengan menyesuaikan kondisi lahan yang ada, termasuk menyiapkan rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan.

 “Februari perencanaan gambar kita harapkan sudah tuntas sehingga pengerjaan fisik dapat segera dilakukan,” jelas Sutarto.

Seperti diberitakan koran ini, Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Pangan  dan Perikanan, tahun 2017 mendatang akan membangun kios ikan di Pasar Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru.

Pembangunan kios ikan di Pasar Nagari Kamang tersebut memanfaatkan dana APBD Kabupaten Sijunjung.” Kios mini ikan itu rencananya akan kita bangun di Pasar Nagari Kamang dengan mengunakan dana ABPD sebesar Rp200 juta,” katanya.

Sutarto mengatakan, pembangunan kios mini ikan tersebut mengingat Pasar Nagari Kamang belum memiliki tempat atau kios bagi pedagang ikan.Para pedagang ikan  yang datang setiap hari pasar mengelar dagangannya berpencar-pencar.

Aktivitas seperti itu, sebut Sutarto, selain tidak tertata atau berada di satu tempat, juga menyulitkan para pembeli.Bahkan, limbah atau air bekas dagang ikan sering menimbulkan bau tak sedap dan  mengganggu  warga yang berada di sekitar pasar.

“Pembangunan kios ikan itu untuk menciptakan rasa nyaman, bersih dan higienis, baik bagi  pedagang maupun pembeli,” ucapnya.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.