Portal Kabupaten Sijunjung

LAUNCHING TAHAPAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019

0

Apel gabungan Senin (9/10) di Halaman Kantor Bupati Sijunjung digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan yakni syukuran atas WTP Laporan Keuangan Pemerintah Sijunjung Tahun 2016, Launching Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 serta penandatanganan dimulainya tahapan pemilu.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menerima secara langsung Piagam Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung atas WTP Laporan Keuangan Pemerintah Sijunjung Tahun 2016 yang diserahkan oleh Kepala KPPN Sijunjung.

 

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Taufiqurahman dalam sambutannya menyampaikan terkait Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 mensyaratkan tahapan pemilu dimulai 18 bulan sebelum hari H, maka tahapan pemilu 2019 dimulai pada Oktober tahun 2017. Hal ini dikarenakan system perpolitikan di Indonesia yang belum mapan sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam persiapannya.

Ditambahkan Ketua Panwaslu, Agus Hutrial Tatul menghimbau ASN,TNI, Polri sampai Wali nagari dan BPN untu tidak berkecimpung dalam ranah perpolitikan. “ Diharapkandukungan kita semua dalam mensukseskan pemilu tahun 2019 “ ujarnya.

Bupati Sijunjung memberikan pengarahan bahwasanya pemilu disikapi dengan unsur-unsur pendukung yaitu adanya aktor, sistem pemilihan, manajemen dan pelaksanaan. Bupati juga mengingatkan sebagai ASN harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa ASN harus netral dari perpolitikan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan dimulainya tahapan pemilu oleh Bupati, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Ketua KPU, serta Ketua Panwaslu. Dan diakhiri dengan pelepasan balon serta foto bersama. (Mega/Noven_Kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.