Portal Kabupaten Sijunjung

LANGKAH MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN EKONOMI

0

Guna mewujudkan pembangunan ekonomi Kabupaten Sijunjung berbasis agribisnis dan agroindustri yang lebih tangguh, stabil, berkelanjutan, merata serta dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil, banyak langkah dan cara yang harus dilakukan.

Diantaranya, perekonomian dibangun dan dikembangkan dengan memanfaatkan dan mengelola potensi riil sumber daya lokal secara optimal dan berkelanjutan berbasis sumber daya ilmu pengetahuan sebagai kekuatan utama yang berdaya saing global, kata anggota DPRD Kabupaten Sijunjung H. Daswanto, SE, Rabu (28/12), di Muaro Bodi.

Cara lain, struktur perekonomian diperkuat dengan menempatkan sektor pertanian sebagai motor penggerak yang didukung oleh sektor industri yang mengolah produk-produk pertanian dan menghasilkan diversifikasi produk yang lebih efisien, berdaya saing serta kegiatan perdagangan dan jasa yang mendorong percepatan perkembangan sektor pertanian, sehingga terwujud ketahanan ekonomi yang tangguh dan berkelanjutan.

Begitu pula pembangunan ekonomi yang demokratis, adil, stabil dan berkelanjutan berbasis ilmu pengetahuan, juga harus menjadi landasan dalam pengembangan perekonomian daerah, sehingga menjamin kesempatan berusaha dan bekerja secara luas bagi seluruh rakyat, terutama kelompok masyarakat miskin dan lemah.

Sementara  peningkatan dan perluasan kesempatan berusaha dan bekerja, dilakukan dengan mendorong usaha-usaha ekonomi produktif yang memanfaatkan sumber daya lokal secara luas, menumbuhkan pola keterkaitan usaha antar sektor yang menciptakan nilai tambah dan memiliki dampak berlipat ganda terhadap penciptaan lapangan kerja serta memberikan sumber pendapatan yang merata.

Seiring dengan itu, pembangunan sektor pertanian secara luas berbasis tanaman pangan, kehutanan, perkebunan dan peternakan, dilakukan dengan memanfaatkan keunggulan komparatif ekonomi masyarakat di daerah yang berorientasi kebutuhan pasar di dalam dan di luar daerah serta  perbaikan produktivitas dan kelembagaan sektor pertanian dan perbaikan akses sumber pembiayaan investasi, teknologi dan kerja sama pemasaran, baik untuk pasar dalam daerah maupun pasar luar daerah.

Yang tidak kalah pentingnnya, pembangunan pertanian didorong untuk memperkuat sistem ketahanan pangan berdasarkan pada keragaman bahan pangan dalam jumlah dan mutu produksi yang dibutuhkan pada tingkat harga yang terjangkau dengan memperhatikan keberlanjutan pendapatan dan kesejahtraan petani, papar Daswanto. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.