Portal Kabupaten Sijunjung

LAKUKAN PERUBAHAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

0

Kepala Dinas Kependudukan dan  Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung, Yenuarita,SH,MH mengajak ASN untuk memperbaharui Dokumen Kependudukan, pada apel pagi, Senen, (7/11) di Halaman Kantor Bupati Sijunjung.

Apel gabungan yang dilaksanakan setiap Senin pagi, dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Sekretaris Daerah, AT.Rohendi, Asisten, Kepala SKPD, Pejabat Eselon III,IV serta ASN Pemda Kabupaten Sijunjung.

Dalam Arahannya, Yenuarita menyampaikan tentang pentingnya dilakukan perubahan dokumen Kependudukan, terutama pada Kartu Keluarga.

”Masih banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tidak pernah melakukan perubahan data keluarga, terutama tentang Pendidikan orang tua maupun  Anak, sehingga sangat mempengaruhi terhadap data Pendidikan Masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Sewaktu melakukan perekaman data, Pendidikan Anak adalah Pelajar SD, setelah 7 atau 6 Tahun kemudian anak telah Tamat SMA, maka data pada Kartu Keluarga pun harus di perbaharui menjadi Tamat SLTA ataupun Mahasiswa.

Begitu juga untuk ASN, Banyak ASN yang telah menyelesaikan Pendidikan S1 bahkan S2, pada SK maupun data kedinasan telah dilakukan penyesuaian Pendidikan terakhir, tapi pada Kartu keluarga masih belum dilakukan perubahan, hal ini sangat mempengaruhi tingkat pendidikan di Kabupaten Sijunjung. Seharusnya, setelah adanya perubahan pendidikan pada salah seorang anggota keluarga, maka masyarakat harus melakukan perubahan data pada Kartu Keluarga dengan melampirkan Ijazah terakhir,” Urai Kadis DukCapil

Selain Pendidikan, Perubahan Anggota Keluarga juga harus  menjadi  perhatian kita, apakah penambahan Anak, Atau adanya anggota keluarga yang pindah domisili, baik antar jorong, Nagari, Kecamatan, ataupun antar kota Kabupaten/Propinsi.

Begitu juga dengan Akta Kelahiran, sebaiknya Akta Kelahiran Anak, di buat paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran, dan tidak di pungut biaya,  Akta Kelahiran ini sangat berguna bagi Si anak, baik untuk memasuki Dunia Pendidikan maupun untuk mencari Pekerjaan.

Tapi kalau untuk memperbaiki KTP yang Rusak dan Hilang, saat ini kita memang harus bersabar dahulu, karena Blangko KTP, saat ini sedang habis dan belum tersedia, hal ini bukan hanya di Kabupaten Sijunjung Saja, tapi Seluruh Indonesia, Blangko KTP sedang dalam Proses pengadaan. Dan diharapkan kepada masyarakat untuk maklum dengan kondisi ini, sebab pengadaan blangko KTP di Cetak Serentak dari Pusat, bukan wewenang Kabupaten/ Kota,” tambah Kadis yang lebih akrab disapa Mama Yen.- PDE.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.