Portal Kabupaten Sijunjung

Kunjungan Kadin Oryol Rusia Ke Sijunjung

0

Muaro, MC Sijunjung – Sebagai tindak lanjut kunjungan kerja Pemprov Sumatera Barat dan beberapa Kabupaten/Kota ke Moskow pada tahun 2019, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Oblast Oryol Rusia melakukan kunjungan ke Sumatera Barat, salah satunya Kabupaten Sijunjung.

Mr. Igor dan Mr. Anatoly disambut oleh Bupati Yuswir Arifin bersama sekda, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan beberapa kepala dinas lainnya. Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan profil Kabupaten Sijunjung dan potensi-potensi daerah yang untuk peluang investasi. Potensi daerah yang melimpah baru beberapa sektor yang mulai dilakukan eksplorasi dan eksploitasi, seperti Migas dan Batubara.

“Potensi lainnya yang saat ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan adalah Geopark Ranah Minang Silokek” ujar Yuswir Arifin.

Dalam kesempatan sebelumnya saat diskusi dengan Pemprov Sumatera Barat pada hari pertama kunjungan, diskusi berkembang terkait potensi migas sehingga diarahkan untuk melakukan kunjungan ke sijunjung.

“Prinsipnya sudah ada kerjasama antara Sumatera Barat dengan Pemerintah Rusia, dan ini adalah untuk membuka peluang kerjasama bisnis” demikian Anatoly menyampaikan.

Igor menyampaikan bahwa pihaknya mimiliki teknologi pengolahan limbah (sampah) termasuk limbah dari aktifitas pertambangan dan pengolahannya (migas, metal, batubara) dan limbah B3.

“Mungkin di lain kesempatan kami akan mendemonstrasikan telnologi ini di Sijunjung, dan kami membuka peluang agar teknologi ini bisa dikerjasamakan dengan Sijunjung”.

Seputar teknologi informasi Kadin Oryol akan segera menyampaikan yang mereka miliki dan Sijunjung dapat memilih mana yang paling sesuai untuk dapat dikerjasamakan.

Dalam diskusi Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini terkait penanganan limbah B3 dari aktifitas Rumah Sakit Umum Daerah masih perlu peningkatan agar dapat lebih efisien dan murah, saat ini biaya pengelolaan  limbah B3 masih mahal karena kita belum memiliki fasilitas pengolahan sendiri, ungkap Yuswir Arifin.

Pada akhir pertemuan Anatoly berharap akan ada pembahasan lebih lanjut yang lebih detail untuk menindaklanjuti peluang kerjasama.(PujiB-Kominfo).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.