Portal Kabupaten Sijunjung

KORBAN BANJIR DI KAMANG TERIMA BANTUAN DARI BPBD DAN DINSOS.

0

Korban banjir di beberapa nagari dan jorong di kecamatan Kamang Baru, menerima bantuan logistik dari BPBD dan dinas sosial kabupaten Sijunjung, Minggu (5/3). Data yang tercatat sebanyak 1109 kepala keluarga yang tersebar di sembilan jorong di nagari Kamang yang terkena dampak banjir pada Jum’at (3/3) kemarin. Penyerahan bantuan yang bertempat di kantor wali nagari Kamang tersebut secara langsung diberikan oleh Bupati Yuswir Arifin kepada masyarakat, serta juga dihadiri oleh kepala OPD terkait lainnya.

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, peralatan sehari-hari, matras, selimut, pakaian dan peralatan bayi. Sebelumnya, BPBD dan dinas sosial juga telah menyalurkan bantuan untuk menanggulangi sementara pada saat kejadian, karena daerah tersebut merupakan lokasi yang cukup parah terendam banjir akibat luapan air dari sungai yang melintasi perumahan warga, bahkan ketinggian air mencapai 1 meter dan merendam sekitar 468 rumah.

Bupati Sijunjung, Yuswir arifin mengatakan, penyerahan bantuan merupakan bukti kepedulian terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana, serta sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat, bantuan yang diberikan hendaknya mampu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana, sesuai dengan keperluan dan kebutuhan. “Pembagian bantuan selanjutnya akan disalurkan oleh wali nagari dan tim dari Tagana,” tutur Bupati.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, banjir diakibatkan  luapan sejumlah sungai yang melewati Kenagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi sejak Kamis sore hingga Jum’at pagi, air mulai naik sejak pukul 06.00 wib. Pihak BPBD Sijunjung yang mendapatan laporan tersebut pun langsung menurunkan tim serta dua unit perahu karet dan fiber untuk membantu dan mengevakuasi warga serta menyalurkan bantuan dibantu dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA).

Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan mengatakan bahwa, dari data sementara yang diperoleh oleh pihak BPBD Sijunjung, rumah warga yang terendam banjir sebanyak 468 unit rumah yang tersebar di delapan Jorong di Kanagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru. “Data Sementara yang diperoleh oleh pihak BPBD SIjunjung, 468 unit rumah terendam banjir, dan tidak ada korban jiwa,” ujar nya.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana alam. “Kondisi cuaca yang sulit untuk diprediksi saat ini, dikhawatirkan rentan terjadinya bencana alam. Kita imbau kepada masyarakat agar selalu waspada,” ujarnya.(e) @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.