Portal Kabupaten Sijunjung

KONSUMSI IKAN WARGA SUMBAR 35,25 KG PER KAPITA PER TAHUN

0

Rata-rata konsumsi ikan warga Sumatera Barat masih berada di bawah rata-rata nasional, yakni 35,25 kilogram per kapita per tahun.

“ Kita di Sumatera Barat, rata-rata konsumsi ikan baru sebesar 35,25 kilogram per kapita per tahun,” kata Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno, ketika menilai Forikan Kabupaten Sijunjung, di TK Negeri 2 Padang Laweh Selatan Kecamatan Koto VII, Jumat sore kemarin.

Sementara target nasional, sebutnya, 50 kilogram per kapita per tahun.Untuk mengejar rata-rata nasional tersebut, isteri Gubernur Sumbar, mengajak warga masyarakat Sumatera Barat meningkatkan konsumsi ikan.Ikan, kata Nevi Irwan, merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak dan tinggi protein.

Orang yang sering makan ikan, sambung Ketua Forikan, banyak yang pintar atau cerdas.Karena itu, orang tua perlu memberikan perhatian lebih banyak kepada anak dengan memberikan menu ikan dari usia balita.

Kata Nevi, orang yang sering makan ikan cendrung sedikit mengkonsumsi daging dan ayam.”Kami sekeluarga yang tidak mengkonsumsi daging dan ayam, lebih banyak makan ikan,” ucapnya.

Seiring dengan itu, Ketua Forikan Provinsi Sumbar, mengapresiasi Forikan Kabupaten Sijunjung yang telah banyak berbuat, dan mengkampanyekan gerakan memasyarakatan makan ikan (gemarikan).

“Semoga, pada penilaian tahun ini, Forikan Kabupaten Sijunjung, kembali keluar sebagai juara satu Forikan tingkat provinsi Sumatera Barat, seperti tahun 2015 lalu,”  ucap isteri Gubernur Sumbar.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui SKPD terkait telah melakukan berbagai program dan terobosan dalam mengkampanyekan gemarikan di daerah ini.

Program gemarikan, sebutnya, dilakukan secara integrasi.”Sebagai bentuk komitmen Pemkab Sijunjung terhadap program gemarikan, kami melakukan penebaran benih ikan dan menetapkan satu jorong satu lubuk larangan serta melaksanakan lomba cipta menu berbahan dasar ikan.

Sementara Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, En Yuswir dalam eksposnya memaparkan, program, kegiatan dan terobosan yang telah dilakukan, dalam mengkampanyekan gemarikan.

Selain melakukan sosialisasi  melalui posyandu, forikan Kabupaten Sijunjung juga telah melaksanakan out bond bagi anak PAUD di Balai Benih Ikan (BBI).” Out bond ini dilaksanakan untuk mengenalkan jenis-jenis ikan kepada anak PAUD,” kata En Yuswir.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.