Portal Kabupaten Sijunjung

KOMISI II DPRD MELAKSANAKAN KONSULTASI DAN KOORDINASI KE ESDM

0

Komisi II DPRD Sijunjung melaksanakan konsultasi dan koordinasi ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Republik Indonesia di Jakarta. Kunjungan itu untuk mempertanyakan perkembangan Plan Of Development (POD) PT Rizki Bukit Barisan Energi (RBBE) di Wilayah Kabupaten Sijunjung, yaitu tindak lanjutan rencana ekploitasi Sumber Daya Alam (SDA) berupa gas yang ada di kabupaten Sijunjung.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh ketua Komisi II, Aprisal Putra Bungsu, wakil ketua DPRD Walbardi serta anggota Sumanto, Daswanto, Ferly Wiranata Anas, Sukardi, Nasrulman Afandi Mukhlis Rasyid didampingi oleh Kasubag Perlengkapan dan Rumah Tangga , Sekretariat DPRD Sijunjung Arif Rachman. Kemudia dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Benny Yuswir ARifin dan sejumlah pejabat PT Rizki Bukit Barisan Energi (RBBE), Kamis (22/3).

Daswanto, salah seorang anggota DPRD Sijunjung menyebutkan, pemerintah kabupaten Sijunjung berencana membangun Perusahaan Daerah (Perusda) untuk memanfaatkan Participating Interest 10% (sepuluh persen) pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi. Untuk mendirikan perusahaan tersebut, butuh kepastian tentang eksploitasi gas dari perusahaan penambang.

“Kami akan memanfaatkan gas, untuk itu perlu kepastian perusahaan yang akan mengeploitasitasi gas yang ada di Kabupaten Sijunjung”, ungkapnya.

Direktur Migas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Ir.Tungga.MSc menyebutkan, bahwa recana POD diwilayah Kabupaten Sijunjung telah disampaikan pada Menteri. “Namun, sampai saat ini, kami masih menunggu jawaban dari menteri”, ungkapnya.

Ia menjelaskan, pembangunan POD di Kabupaten Sijunjung itu butuh perkembangan lebih lanjut. Terutama Daerah terdekat dari Kabupaten Sijunjung. Agar tidak timbul masalah kemudian hari. Apalagi, Kabupaten Sijunjung berencana memanfaat PI 10 % dengan membangun Perusda.

“Kita berharap dalam waktu dekat ini, ada keputusan dari menteri terkait perkembangan POD tersebut,”terangnya.-yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.