Portal Kabupaten Sijunjung

KOMINFO SIJUNJUNG IKUTI BIMTEK KAMI

0

Dinas Kominfo dan LPSE Kabupaten Sijunjung yang diwakili Kabid PIKP Aslinda Guslen,SH,MM beserta 2 orang staf mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Indeks Keamanan Informasi (KAMI) yang diselenggarakan di Bandung selama dua hari 28 dan 29 September 2017, oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo.

Bimtek juga diikuti oleh Dinas Kominfo dan LPSE wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Merauke, Kota Samarinda serta Kementerian/Lembaga Pusat dan instansi sektor strategis.

Saat ini penerapan Keamanan Informasi sangat penting bagi kalangan pemerintah Pusat dan Daerah untuk menjamin keberlanjutan proses pelayanan publik yang aman dan bermutu. Hal ini seperti yang tertuang pada Surat Edaran Menteri Komunikasi dan informatika Nomor: 05/SE/M.KOMINFO/07/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Keamanan Informasi bagi penyelenggara pelayanan publik.

Menyikapi hal tersebut Direktorat Keamanan Informasi melakukan bimbingan teknis sekaligus mengenalkan aplikasi Indeks Keamanan Informasi (KAMI) versi 3.1 berbasis Standard ISO/IEC 27001:2013. Indeks KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi di instansi pemerintah.
Dalam sambutannya Aidil Chendramata, Direktur Keamanan Informasi Kemenkominfo menyampaikan saat ini penggunaan internet terus meningkat yang juga diikuti dengan peningkatan serangan/ancaman keamanan terhadap sistem internet tersebut. Upaya pemerintah dalam mengatasi kejahatan internet ini salah satunya dengan menyelenggarakan bimtek KAMI.

Ia berharap dengan bimtek ini dapat memberikan gambaran kondisi kesiapan (kelengkapan) keamanan informasi kepada pemimpin instansi sesuai dengan kaidah dalam ISO/IEC 27001:2013. (mega-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.