Portal Kabupaten Sijunjung

Kodim 0310/SS Sosialisasikan Penggunaan Cairan Bios 44

0

Pasiter Kodim 0310/SS Kapten Inf Naspi, sosialisasikan penggunaan cairan Bios 44 dihadapan Danramil, sepasi dan Babinsa di Aula Makodim 0310/SS, Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Rabu (30/01/19).

Cairan Bios 44 ini merupakan gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah diformulasi yang terbukti selama ini efektif bisa menyuburkan tanah, sehingga lahan yang tadinya kurang produktif bisa diberdayakan kembali.

“Sesuai dengan instruksi Dandim 0310 SSD, Lektol Inf Irvan Yusri S.I.P, setiap koramil di wilayah Kodim 0310/SS agar mensosialisasikan penggunaan cairan Bios 44  kepada masyarakat di wilayah hukumnya masing-masing,” ujar Naspi

“Tahap awal sosialisasi yang dilakukan masih di kalangan Danramil, sepasi dan Babinsa di Jajaran Kodim 0310/SS. Namun, dalam waktu dekat akan mensosialisasikan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kodim 0310/SS ini,” sebutnya.

Tujuannya memperkenalkan BIOS 44 kepada masyarakat, juga sebagai upaya memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI dengan masyarakat sekitar, sehingga akan terwujud kemanunggalan yang kokoh kuat antara TNI dengan rakyat.

“Intinya, bagaimana keberadaan TNI dalam bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan untuk kesejahteraan bersama,” pungkasnya.

Sebelumnya lanjut Kapten Naspi, Cairan BIOS 44 sendiri dimanfaatkan oleh Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) untuk campuran air memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang kerap melanda Sumatera Selatan. Kini mulai dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perikanan.

Hasil inovasi Korem 044/gapo yang ramah lingkungan merupakan gabungan mikroorganisme, bila ditebar di lahan gambut dapat mencegah kebakaran dan jika ditebarkan di lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga ekosistemnya.

Di akhir sosialisasi, Kapten Inf Naspi beserta Danramil, sepasi dan Babinsa yang mengikuti kegiatan tersebut, lansung mempraktekkan cara pembuatan cairan bios 44 ini.Andri@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.