Portal Kabupaten Sijunjung

KETUA PKK SUMBAR LAKUKAN BERBAGAI KEGIATAN DI PADANG RANAH

0

Ketua tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno melakukan berbagai kegiatan, di Padang Ranah Nagari Sijunjung.

Didampingi ketua dan wakil ketua TP PKK Kabupaten Sijujung Ny. H. En Yuswir Arifin dan Ny. Hj. Ria Arrival Boy, kegiatan yang dilakukan Ny. Nevi, membuka bimbingan teknis gerakan PKK, meninjau lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), menanam pohon surian, bertemuramah dengan pelaku industri kecil menengah serta membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) menenun.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setdakab Sijunjung, Syahrial, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para camat serta pengurus PKK.

Bimbingan teknis gerakan PKK yang diselenggarakan PKK Sumbar, diikuti pengurus dan anggota PKK dari lima nagari percontohan gerakan PKK.

Kelima nagari itu, Tanjung Labuah, Kecamatan Sumpur Kudus sebagai nagari percontohan kelompok Dasawisma, Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, nagari percontohan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Sinyamu, Kecamatan Tanjung Gadang, nagari percontohan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Nagari Sijunjung sebagai percontohan hatinya PKK serta Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru percontohan pengelolaan dan pemanfaatan Toga.

Lomba cipta menu B2SA yang ditinjau Ny. Nevi Irwan Prayitno, diikuti PKK dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung. Menu yang dilombakan, bahan bakunya adalah bahan pangan lokal, seperti singkong, jagung, pisang, talas dan ikan.

Sedangkan pohon surian yang ditanam ketua TP PKK Sumbar bersama ketua dan wakil ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, tujuannya untuk penghijauan lokasi kegiatan yang juga tempat bakaua adat masyarakat Sijunjung.

Dalam temuramah dengan pelaku industri kecil menengah serta membuka Diklat menenun, kapasitas Ny. Nevi Irwan Prayitno adalah sebagai ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat.

Temuramah yang berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan, diikuti 25 pelaku industri kecil menengah yang berusaha dibidang industri tenun, menjahit, kuliner, anyaman dan industri lainnya.

Sedangkan Diklat menenun yang pembukaannya ditandai dengan memasang tanda peserta kepada perwakilan, juga diikuti 25 peserta yang berasal dari Nagari Sijunjung, tepatnya warga Perkampungan Adat.

Diklat yang akan berlangsung selama 18 hari, diselenggarakan Dekranasda Kabupaten Sijunjung bersama Balai Diklat Industri (BDI) Padang. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.