Portal Kabupaten Sijunjung

Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung Resmi Dilantik Ketua Dekranasda Sumbar

MC Sijunjung – Disaksikan Pembina Dekranasda provinsi, Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Barat, Ny.Harneli Mahyeldi melantik Ny.Riri Benny Dwifa dan Ny. Donna Iraddatillah sebagai ketua dan wakil ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung.

Prosesi pelantikan itu dilaksanakan di kantor gubernur di Padang pada Rabu (3/3/2021). Selain melantik Ketua Dekranasda Sijunjung disaat bersamaan Harneli Mahyeldi juga melantik 10 Ketua Dekranasda kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumbar.

Seperti disampaikan sebelumnya, Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa dan Ny. Donna Iraddatillah, usai pelantikan, mengaku, akan segera membuat program kerja sesuai dengan potensi di daerahnya.

“Kami juga akan menjalankan peran sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya,”kata pemilk Citra Swalaya Sijunjung itu.

Tak hanya itu, Wakil Ketua Dekranasda Sijunjung, Ny. Donna Iraddatiĺlah yang menyatakan, akan memberikan pembinaan dan perhatian khusus kepada para perajin di Kabupaten Sijunjung.

“Hal itu kami lakukan agar  pengrajin semakin kreatif dan memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional,” paparnya.

Untuk diketahui, Dekranas merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah.

“Nah, untuk itu marilah bersama-sama kita memayungi, mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha-usaha UMKM,”tambah Ny.Riri Benny Dwifa yang juga didampingi Kadis Dagperinkop UKM Sijunjung, Ir.Yulizar,MP.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar, dalam sambutannya membahas soal beban dan tanggung jawab tentang produk daerah masing-masing. Bahkan soal cara cepat bekerja di situasi covid-19, kerja keras dalam memecahkan masalah dalam seni kerajinan daerah serta Dekranasda dapat membantu pemerintah daerah juga disampaikan Ny.Harneli Mahyeldi selaku Ketua Dekranasda Sumbar.

Soal inovasi kemasan di era industri 4.0,
membina masyarakat penggajin menjadi masyarakat produktif dan mengadakan even dan pameran kerajinan daerah juga disampaikan Ny.Harneli Mahyeldi.

Pada kesempatan Wagub selaku Pembina Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng, menyebutkan, bahwa Pemerintah Daerah, harus mendukung kerajinan daerah dan akan memajang kerajinan-kerajinan dari berbagai daerah di Sumatra Barat di kantor gubernur dan wakil gubernur serta mempromosikan kerajinan-kerajinan daerah lewat media sosial.(dicko/rls)

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.