Portal Kabupaten Sijunjung

KETIKA KEJAYAAN SUDAH RUNTUH

0

Ketika semuanya harus berakhir. Fenomena itu adalah sebuah perubahan alam yang mesti terjadi walau pun dampaknya sangat menyakitkan dan menyedihkan.

“Karena kita bagian dari alam, segala perubahan harus diterima apa adanya. Walau kadang kala secara materi kita dirugikan, tapi ambilah hikmahnya. Karena Allah SWT mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Jangan menyesali keadaan. Jalan terbaik,  terimalah perubahan itu dengan sabar dan tawakal serta berserah diri kepada-Nya,” kata  tokoh dan pemuka masyarakat H. Ismail, Jumat (28/4), di Muaro Sijunjung.

Hal yang juga perlu diingat, dalam mengarungi hidup dan kehidupan di atas dunia ini, tidak setiap keinginan tercapai dan terwujud sesuai kehendak. Selaku insan lemah manusia harus siap menerima kenyataan itu. Karena itu juga bagian dari sifat alam.

Selain tidak setiap keinginan tercapai dan terwujud sesuai kehendak, setiap yang dicintai dan disayangi juga akan pergi dan berlalu, karena di atas dunia ini tidak ada yang kekal dan abadi. Bahkan kehidupan akan berakhir dengan kematian.

Artinya, ketika semuanya harus berakhir,  dengan kata lain disaat cinta telah sirna, harta telah musna, tahta sudah puna, kebahagiaan telah berlalu dan kejayaan sudah runtuh, manusia selaku insan lemah yang tidak mempunyai daya dan upaya tanpa seizin Allah SWT, harus menerima kenyataan itu dengan tulus ikhlas.

“Sebab sebagai insan lemah kita hanya bisa berencana, sedangkan keputusan berada di tangan Tuhan. Lagi pula takdir dan suratan sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Kita tidak mampu mengelak, apa lagi menolaknya. Yang harus diperbuat dan disikapi, adalah menjalaninya dengan tabah dan tawakal. Apa yang terjadi, itulah yang terbaik menurut Allah SWT, karena di balik semua itu ada rahasiah Tuhan yang tidak kita ketahui,”  jelas Ismail.

Bila seluruh umat Islam mampu menarik tali merah ke titik kesimpulan seperti ini, niscaya akan selamat di dunia dan di akhirat serta mampu menerima dan menjalani ketika semuanya harus berakhir, ulasnya. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.