Portal Kabupaten Sijunjung

Kerja Keras Setelah Banjir, Hari ini Air PDAM Wilayah Kamang Baru Kembali Mengalir

Sijunjung-MC. Setelah tiga hari mengalami kerusakan akibat banjir yang menerjang jaringan PDAM wilayah Kamang Baru, hari ini (Selasa, 30 Maret 2021) pelanggan PDAM di wilayah tersebut sudah dapat menikmati kembali aliran air PDAM untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Sebagaimana diketahui bahwa telah terjadi curah hujan cukup tinggi pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di wilayah cathment area sumber air baku PDAM Kamang Baru. Hujan yang menyebabkan banjir ini bahkan sampai merusak jaringan PDAM, beberapa pipa Gip diameter 8 inchi sebanyak 11 batang hanyut lebih dari 100 meter karena diterjang banjir.

Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana Doni Novriedi membenarkan kejadian ini, sebagaimana disampaikan via telephone.

“Hari ini tim kami masih berada di lokasi, dan sejak hari Sabtu kami berusaha semaksimal mungkin memperbaiki jaringan ini”.

Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana - Doni Novriedi berada di lokasi kerusakan jaringan
Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana – Doni Novriedi berada di lokasi kerusakan jaringan

Demi menjamin ketersediaan air untuk pelanggan, PDAM saat ini sudah mengoperasikan sumber air baku alternatif yaitu di Karbindo.

“Alhamdulillah hari ini kami sudah berhasil memenuhi kembali kebutuhan air pelanggan dengan mengaktifkan pompa yang berada di Telabang Sati dengan sumber air baku dari Karbindo” demikian Doni menyampaikan.

Sepanjang penjelasan Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana tersebut sebenarnya jaringan yang mengalami gangguan akibat banjir ini juga teramasuk sumber air yang di Sungai Ukam dan Sungai Laras, akan tetapi gangguan yang disebabkan oleh penyumbatan intake oleh sedimen pasir ini sudah bisa diatasi.

“Mudah-mudahan dalam 2 hari ke depan aliran PDAM sudah kembali normal seperti sedia kala”, demikian Doni menutup penjelasannya di telephone. PujiB-Kominfo.

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.